INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) secara resmi menggelar ajang Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival untuk ketiga kalinya.
Ajang ini diikuti oleh seluruh pusat belanja di seluruh Indonesia. Pada acara yang digelar selama satu bulan penuh, mulai dari tanggal 27 September 2018 hingga tanggal 27 Oktober 2018, masyarakat Indonesia dapat menikmati aneka ragam kuliner khas daerah sekaligus berbelanja barang keperluan gaya hidup dengan berbagai tawaran diskon spektakuler. WICSF 2018 akan secara resmi dibuka di Beachwalk Shopping Center, Bali pada tanggal 27 September 2018.
Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Bapak Arief Yahya menyambut baik kehadiran acara Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) di tahun 2018 ini, dan berharap bahwa sudah menjadi agenda tahunan yang telah masuk dalam 100 Calendar of Event Kemenpar RI 2018 dapat terus dilaksanakan guna menggairahkan sektor pariwisata yang sedang bertumbuh.
"Acara tahunan WICSF 2018 merupakan sebuah ajang menarik yang dipetakan secara strategis guna mendorong perekonomian, menaikkan angka transaksi kuliner belanja yang memberikan kontribusi kepada sektor pariwisata, yang terpenting juga mendatangkan wisatawan mancanegara dari negara tetangga terdekat," kata Arief Yahya, Jakarta, Selasa, (18/09/2018).
Masih menurutnya, banyak wisatawan mancanegara atau domestik yang menyusun agenda perjalanan yang fokus kepada wisata kuliner dan wisata belanja; karena itu kehadiran acara WICSF sangat tepat dalam menjawab kebutuhan tersebut. Kedepannya khusus belanja perlu dimasukan program sinergi online dan offline sehingga dapat meningkatkan nilai transaksi secara signifikan.
Sementara itu, menurut Ibu Vita Datau Messakh, Ketua Akademi Gastronomi Indonesia dan Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja, Kementerian Pariwisata, kunci utama dalam mempromosikan wisata kuliner dan belanja adalah melalui festival yang di dalamnya terdapat atraksi yang menyuguhkan nilai otentisitas kuliner Indonesia dan produk-produk Indonesia yang terkurasi.
WISCF bukan saja menjadi sebuah destinasi wisata kuliner dan belanja selama festival berlangsung, melainkan mendorong konsumen belanja produk lokal yang sarat akan identitas kearifan lokal dengan demikian dampaknya akan mendorong para pelaku UMKM untuk berlomba-lomba mengeluarkan produk produk berkualitas; mulai dari kain atau pakaian batik, tenun, hingga produk kerajinan seperti fashion Indonesia. Festival ini akan memberikan pengalaman berwisata berwisata terutama bagi wisatawan khususnya wisatawan mancanegara.
"Acara tahunan ini merupakan bentuk nyata sinergi para pemangku kepentingan industri kuliner dan belanja yang tergabung dalam pentahelix ABCGM (Asosiasi, Bisnis, Community, Government, dan Media) dalam mendorong promosi kekayaan budaya Indonesia. Oleh karena itu, sungguh penting bagi semua pihak untuk membantu menyukseskan rangkaian acara akbar tersebut", ujar Vita Datau.
Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival serentak digelar di 12 provinsi di Indonesia yaitu Jakarta, Pekanbaru, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Timur.(tka)
from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2pgYs7R
No comments:
Post a Comment