Pages

Wednesday, October 31, 2018

143 Calon Kades Malang Bersiap untuk Pilkada

INILAHCOM, Malang - Pemilihan kepada desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Malang akan berlangsung pada tanggal 11 Nopember 2018 mendatang.

Terdapat 42 desa di Kabupaten Malang yang menggelar pemilihan secara langsung. "Sampai hari ini tinggal tahapan yang belum, yakni kampanye. Sebelum kampanye, sambil pembuatan surat suara, semua panitia Pilkades harus memuat surat suara dengan kriteria, seperti sesuai DPT ditambah 2,5 persen," ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Malang, Suwadji, Rabu (31/10/2018).

Kata Suwadji, pelaksanaan kampanye akan berlangsung selama tiga hari atau dimulai 6 November dan berakhir pada 8 November. Selanjutnya, tahapan Pilkades memasuki masa tenang, mulai 9 November hingga hari pemungutan suara tiba.

"Saat ini dari pengecekan seluruhnya sudah siap. Tapi tetap kita evaluasi, yang jelas untuk aspek personil sudah 90 persen siap. Logistik juga ada yang sudah selesai disiapkan dan ada yang belum tapi sedang proses, 80 persen selesai. Yang belum itu karena kemarin ada tambahan seleksi," tegas mantan Camat Kepanjen tersebut.

Suwadji melanjutkan, untuk sarana prasarana kebutuhan pemungutan suara, antara lain seperti bilik dan kota suara biasanya disiapkan panitia Pilkades dua hari sebelum pelaksanaan.

"Kalau bilik, kotak dan kelengkapan lain itu sudah ada. Ada yang pinjam ke KPU, sebagian besar memang pinjam KPU, tapi sebagian ada yang pengadaan sendiri," terangnya.

Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dari 42 desa tersebut terdapat 143 calon Kades yang akan bertarung. Jumlah itu terdiri dari 134 calon Kades laki-laki dan 9 calon Kades perempuan. Dari 143 calon Kades yang bertarung, 21 diantaranya merupakan petahana.

Suwadji sendiri berpesan pada panitia Pilkades di masing-masing desa agar menunjukkan kinerja yang baik. Hal itupun guna menekan timbulnya problem di belakang hari.

"Pantia harus netral, siap dalam aspek psikis dan mental. Panitia harus sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya," tandasnya. [beritajatim]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2RrZYQF

No comments:

Post a Comment