Pages

Friday, November 23, 2018

KPK Ajak 16 Parpol Bahas Intregitas Jelang Pemilu

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengundang 16 partai politik (parpol) untuk diseminasi Sistem Integritas Partai Politik (SIPP) sekaligus berdiskusi, di Auditorium Gedung KPK.

Perwakilan partai politik yang hadir di antaranya PDIP, Golkar, Gerindra, Demokrat, NasDem, PKB, Hanura, PKS, PAN, PPP, PSI, Perindo, PBB, PKPI, Partai Garuda, dan Partai Berkarya.

"Secara umum sebenarnya bagi parpol bukan hal yang baru. Bahkan mereka juga sudah memiliki visi integritas baik dalam proses pemilu dan pemilihan pengurus," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, Jumat (23/11/2018).

Bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), KPK duduk bersama parpol membahas lima komponen utama, yaitu kode etik, demokrasi internal partai, kaderisasi, rekrutmen, dan keuangan partai yang transparan dan akuntabel.

"KPK bersama LIPI kembali berdialog dengansemua Sekjen parpol atau yang mewakili dalam penjelasan kembali SIPP sehubungan dengan upaya KPK, LIPI dan Parpol dalam upaya menciptakan Parpol yang berintegritas," ungkapnya.

Nantinya, pertemuan tersebut bakal berlanjut pada kegiatan Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi (KNPK) yang bertepatan dengan hari antikorupsi sedunia, pada 4-5 Desember 2018. Acara tersebut mengangkat tema 'Mewujudkan Sistem Integritas Partai Politik di Indonesia'.

"Akan dilakukan penandatanganan komitmen politik berintegritas yang terdiri atas beberapa point. Di mana akan ditandatangani oleh ketua umum masing-masing parpol," tandasnya.[jat]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2PPuF5Z

No comments:

Post a Comment