Pages

Friday, December 14, 2018

Lulusan SMK Pengangguran Terbesar di Jabar

INILAHCOM, Bandung - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa mengatakan pendidikan merupakan sebuah investasi masa depan, baik untuk individu, masyarakat, maupun negara sebagai kunci sukses pertumbuhan pembangunan.

Maka peran guru sangat penting dalam menciptakan sumber daya yang berkualitas.

Iwa menuturkan tantangan para guru ke depan semakin berat dengan munculnya revolusi industri 4.0. Era dimana perubahan industri manufaktur yang terintegrasi dengan sistem online. Maka diperlukan guru yang professional, mampu mengikuti perkembangan jaman khususnya digitalisasi industri dan e-commerce.

"Guru yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang supercepat. Dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dengan kompetensi global," lanjutnya.

Namun sebagai catatan, Iwa menuturkan penyumbang pengangguran terbesar adalah lulusan SMK. Karena proses belajar mengajar dalam teori maupun praktek tidak sesuai dengan laporan kerja di lapangan. Ini merupakan masalah di Jawa Barat yang harus diperbaiki bersama.

Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Putra Wisnuaji mengatakan pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan orangtua. Sedangkan menurut UUD Nomor 23, pendidikan itu merupakan tugas pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Jadi kami sangat berharap pemerintah pusat dan pemerintah daerah bersama-sama menyelesaikan PR-PR yang masih banyak. Terutama dalam meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru," ungkapnya. [ton]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2S1NgbZ

No comments:

Post a Comment