Pages

Monday, December 31, 2018

Risiko Global 2019, Potensi Pemakzulan Trump!

INILAHCOM, New York - Investor dan bisnis mungkin telah mengabaikan satu risiko besar yang bisa keluar dari Washington di tahun 2019. Kemungkinan pemakzulan Presiden AS Donald Trump.

Pasar bersiap untuk 2019 yang lebih sulit, dengan risiko seperti kenaikan suku bunga dari Federal Reserve dan peningkatan ketegangan perdagangan AS-China di atas pikiran banyak orang. Tetapi kemungkinan pemakzulan Trump jarang dibahas, sebagian karena masih belum jelas apakah Demokrat akan turun rute itu ketika mereka mengambil alih Dewan pada 2019.

Dihukum mati tidak berarti diusir dari kantor. Di tingkat federal AS, ini adalah proses di mana suara mayoritas sederhana di DPR dapat menuduh pejabat sipil, termasuk presiden, melakukan pelanggaran "yang tidak dapat ditembus". Tuduhan itu kemudian akan pindah ke Senat, yang akan memutuskan apakah akan menghukum pejabat itu.

Untuk lebih lanjut tentang rincian pemakzulan, lihat penjelasan ini. Apakah proses impeachment sedang berlangsung, kemungkinan besar akan muncul dalam diskusi politik AS dan melumpuhkan kemampuan Washington untuk menyelesaikan sesuatu. "Namun dengan sendirinya merupakan risiko besar bagi bisnis," kata Steve Okun, penasihat senior di perusahaan konsultan geopolitik yang berbasis di AS. McLarty Associates.

"Demokrat akan melakukan sesuatu pada pemakzulan tahun depan," katanya kepada Nancy Hungerford seperti mengutip cnbc.com.

Okun mencatat komentar oleh Jerry Nadler, ketua Komite Kehakiman Dewan yang diharapkan, bahwa Trump mungkin telah melakukan "pelanggaran yang tidak dapat ditembus" jika dia ditemukan memiliki andil dalam membayar uang diam kepada beberapa wanita.

"Apakah Demokrat akan memakzulkan Trump, dia tidak mengatakan, tapi dia mengatakan dia melakukan pelanggaran yang tidak dapat ditembus dan itu datang dengan menutup mata uang rahasia dan tentu saja dapat datang dengan obstruksi keadilan dengan laporan Mueller keluar," kata Okun, yang juga anggota dewan dari Kamar Dagang Amerika di Singapura.

Penasihat khusus Departemen Kehakiman, Robert Mueller dilaporkan mendekati akhir penyelidikannya apakah Rusia mengganggu pemilihan presiden 2016. Dia diharapkan untuk menyerahkan laporan kepada jaksa agung sedini pertengahan Februari, NBC News melaporkan.

"Washington akan ditutup, secara harfiah, karena presiden tidak akan dapat fokus pada apa pun kecuali itu. Saya pikir itu adalah risiko besar memasuki 2019," tambahnya.

Okun menjelaskan saat ini, perkembangan politik AS sudah membuat komunitas bisnis gugup. "Kebijakan perdagangan Trump, seperti menarik diri dari Kemitraan Trans-Pasifik selama hari-hari pertamanya menjabat, telah menempatkan perusahaan-perusahaan Amerika pada posisi yang kurang menguntungkan di luar AS," katanya.

Fokus presiden pada imigrasi, bukan pada ekonomi, hanya akan memperburuk keadaan, tambahnya. Desakan Trump untuk mendapatkan pendanaan untuk dinding perbatasan antara AS dan Meksiko telah mengakibatkan penutupan sebagian pemerintah. Okun memperkirakan bahwa kesenjangan pendanaan AS akan berlangsung hingga 7 atau 8 Januari.

"Saya pikir 2019 akan membuat 2018 terlihat jinak dibandingkan. Saya belum pernah melihat kegugupan di komunitas bisnis AS seperti yang saya lihat sekarang," katanya.

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping http://bit.ly/2QgWZcG

No comments:

Post a Comment