Pages

Wednesday, January 2, 2019

7 Hari Masa Tanggap Darurat Fokus Cari Korban

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menetapkan masa tanggap darurat bencana alam tanah longsor di Cisolok selama 7 hari, mulai 31 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, menjelaskan pihaknya akan fokus dalam pencarian korban dalam 7 hari masa tanggap darurat tersebut.

Selain itu, penanganan bagi korban luka dan penanganan pengungsi.

"Masyarakat yang rumahnya rusak hampir sebagian besar tinggal di rumah kerabatnya, satu juga memerlukan bantuan dan rencana nantinya mereka akan di relokasi atau rumah tidak akan kembali di bangun disini tetapi akan dicarikan tempat yang lebih aman," ujar Sutopo saat konferensi pers, di Kantor BNPB, Pramuka, Jakarta Timur, Rabu (2/1/2019).

Ia mengatakan sejauh ini untuk penanganan evakuasi telah diturunkan 892 personil gabungan, baik BPBD, TNI, Polri, Basarnas, dan SKPD, termasuk 3 alat berat serta 2 anjing pelacak dikerahkan untuk membantu dalam proses pencarian.

Sementara, untuk kebutuhan mendesak saat ini berupa alat evakuasi, cangkul , skop, sarung tangan latex, alat komunikasi, personil dan relawan serta dapur umum.

"Kendalanya akses jalan sangat sulit, jadi terpaksa harus parkir kemudian menyambung dengan sepeda motor kemudian juga jalan kaki, hujan masih turun, tanah labil rawan longsor," kata Sutopo.

Akibat longsor tersebut 32 kepala keluarga atau 101 warga kehilangan tempat tinggal. Data terkini BNPB, hingga pukul 13.30 WIB, 63 orang ditemukan selamat, 3 orang luka-luka, 15 orang meninggal dunia, serta 20 orang masih belum ditemukan.[jat]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping http://bit.ly/2SvvKwV

No comments:

Post a Comment