Pages

Wednesday, February 6, 2019

Jokowi Ingin Urusan Sertifikat Harus Selesai 2025


INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengaku optimistis pemerintah dapat menyelesaikan persoalan sertifikat tanah hingga 2025. Memang, jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) harus kerja keras.

"Saya yakin dengan kerja keras seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN tahun 2025 urusan sertifikat semuanya harus selesai di seluruh tanah air. Saya yakin selesai dengan cara kerja kita yang sudah kita lakukan selama 2-3 tahun belakangan ini," kata Jokowi di Istana Negara, Rabu (6/2/2019).

Menurut dia, apabila seluruh bidang tanah di Indonesia sudah bersertifikat, maka sengketa lahan itu akan hilang sehingga tak ada lagi masyarakat yang konflik hanya gara-gara persoalan tanah.

"Dan kita bisa melakukan lompatan-lompatan kemajuan karena rakyat bisa menggunakan sertifikat, aset mereka untuk agunan, sehingga bisa menggerakkan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Jokowi mengapresiasi kinerja Kementerian ATR/BPN yang saat ini telah melampaui target yang diberikan, karena memang sekarang kerja harus dengan target agar jelas ukuran-ukurannya.

"Karena persoalan sertifikat tanah bertahun-tahun tidak bisa kita selesaikan. Saya ingin memberikan semangat pada jajaran kantor BPN agar target terlampaui, dan semangat itu kena sehingga target terlampaui," jelasnya.

Untuk diketahui, pada 2017 pemerintah telah mendistribusikan 5 juta sertifikat tanah kepada rakyat. Pada 2018, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional membagikan 9,3 juta sertifikat tanah.

Tahun ini ditargetkan melampaui 9 juta sertifikat tanah. Kemudian di 2024, pemerintah memperkirakan ada 126 juta bidang tanah yang sudah disertifikasi. [rok]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping http://bit.ly/2t8VYdB

No comments:

Post a Comment