Pages

Saturday, March 16, 2019

Adiwastra Nusantara 2019 Pamerkan Kain Tradisional

INILAH.COM, Jakarta - Pameran kain tradisional atau adati terbesar di Indonesia, Adiwastra Nusantara 2019 siap digelar di Hall A dan B Jakarta Covention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, pada 20-24 Maret 2019.

Mengusung tema Wastra Adati Generasi Digital, pameran yang diinisisasi Kementerian Perindustrian ini merupakan upaya melestarikan kain tradisional sekaligus mempromosikan kain tenun dan batik.

Pameran akan menghadirkan lebih dari 413 stand peserta dari seluruh Indonesia yang akan berpartisipasi. Peserta tidak hanya para perajin wastra adati, tetapi juga para perancang busana dan produk kriya lainnya yang menggunakan dan memanfaatkannya sebagai bagian dari rancangannya.

"Kalau kita mempunyai wastra kuno, kini sudah banyak yang meminati. Itu yang membuat tahun ini Insya Allah lebih semarak karena peminat kain tradisional sangat melonjak," kata Yantie K. Isfandiary selaku Ketua Pelaksana Adiwastra Nusantara 2019 di Jakarta, baru-baru ini.

Yantie menambahkan, Indonesia memiliki kekayaan kain tradisional yang menjadi nilai lebih dan tidak dimiliki negara lain. Hal itulah yang mendorong lahirnya pameran ini agar kebudayaan asli Indonesia semakin dikenal luas di seluruh dunia.

"Targetnya supaya pasar luar negeri lebih melihat bagaimana Indonesia kaya dengan karya dan lainnya, dan generasi kita melihat warisan leluhur itu beraneka ragam yang sangat membanggakan," paparnya.

Selain itu, pameran ini juga memberi perhatian khusus kepada generasi milenial. Di era digital ini, milenial diajak untuk tetap melestarikan kekayaan budaya Indonesia, salah satunya lewat kain tradisional yang saat ini sudah sangat beragam. Bahkan model busananya pun tak sekadar resmi. tapi juga bergaya kasual.

"Kita membuat yang lebih milenial supaya batik-batik karya (wastra) kita ini dihargai kalangan oleh kalangan muda, penerus, dan para (turis) luar negeri," ujar Yantie.

"Memakai batik ataupun memakai baju-baju warisan itu bukan berarti sesuatu yang menakutkan seperti dibilang orang, tapi ini adalah karya leluhur dan pengrajin Indonesia," Yantie, menambahkan.

Selama empat hari penyelenggaraan, Adiwastra Nusantara 2019 akan menghadirkan beragam rangkaian acara menarik, seperti peluncuran dan bedah buku, lomba selendang Indonesia, serta peragaan busana. [adc]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2W79dIp

No comments:

Post a Comment