Pages

Monday, April 1, 2019

Pemerintah Pastikan Wisata Selat Sunda Sudah Aman

INILAHCOM, Pandeglang - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menegaskan kawasan Selat Sunda telah aman untuk kembali dikunjungi wisatawan pasca-tsunami yang melanda beberapa waktu lalu.

Menpar mengatakan, hal ini berdasarkan pengamatan intensif dari Badan Geologi terhadap aktivitas Gunung Anak Krakatau pasca-tsunami Selat Sunda.

Dikaporkan bahwa saat ini telah menunjukkan penurunan aktivitas dan tidak ada fenomena bertumbuh dari aktivitas gunung merapi tersebut.

"Atas nama masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan di Provinsi Banten dan Lampung, dengan ini saya menyatakan kawasan Selat Sunda sudah aman dikunjungi," kata Arief di Alun-alun Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Senin (1/4/2019).

Ia menuturkan hasil pengamatan yang sama juga disampaikan berdasarkan pemantauan PVMBG dan BMKG yang telah melakukan aktivasi dan pemanfaatan teknolog mitigasi bencana.

Menpar menjelaskan, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian ESDM, pada 25 Maret 2019 telah menurunkan status Gunung api Anak Krakatau dari level III (Siaga) menjadi level II (Waspada).

Penurunan status ini, lanjut Menteri, dinyatakan dengan radius aman menjadi 2 km dari sebelumnya 5 km dari kawah.

"Saya tegaskan lagi radius aman itu 2 km dari kawah Anak Krakatau, bukan dari pesisir pantai. Dengan demikian kawasan wisata di Selat Sunda aman dikunjungi wisatawan," tegasnya.

Diketahui, pada tanggal 22 Desember lalu, terjadi tsunami di Selat Sunda yang disebabkan oleh letusan Anak Krakatau. Tsunami menghantam daerah pesisir Banten dan Lampung.

Sedikitnya 426 orang tewas, lebih dari 7.000 orang terluka dan 23 orang hilang akibat peristiwa ini.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), tsunami disebabkan pasang tinggi dan longsor bawah laut karena letusan gunung tersebut.

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2HR4gAj

No comments:

Post a Comment