Pages

Tuesday, April 30, 2019

Pemindahan Ibu Kota, Jokowi akan Konsultasi ke DPR

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah akan konsultasi dengan DPR mengenai wacana pemindahan ibu kota terutama terkait regulasi.

"Kita konsultasi ke DPR, tokoh formal, politik, tokoh masyarakat. (Target) secepatnya," kata Jokowi, Selasa (30/4/2019).

Menurut dia, wacana pemindahan ibu kota harus dikaji dengan matang dari seluruh aspek baik kajian hukum, sosial, politik maupun lainnya. Sehingga, perlu konsultasi juga dengan parlemen terkait Undang-undang.

"Ya nanti semua baik kajian hukum, kajian sosial, politik semuanya kalau udah matang nanti diputuskan tapi ini tetap harus dikonsultasikan ke DPR," ujarnya.

Ia mengatakan pemindahan ibu kota ini tidak berpikir sekarang, tapi bagaimana 10 tahun atau 100 tahun yang akan datang. Sebab, kepadatan di Pulau Jawa ini penduduknya sudah 57 persen dari total penduduk di Indonesia kurang lebih 149 juta.

"Sehingga daya dukung baik terhadap air maupun lingkungan, lalu lintas semuanya ke depan sudah tidak memungkinkan lagi. Maka, kemarin saya putuskan di luar Jawa pindahnya," tandasnya. [ton]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping http://bit.ly/2GMgyXF

No comments:

Post a Comment