Pages

Friday, June 14, 2019

Calon Lawan Indonesia, Vanuatu Pernah Menang 46-0

INILAHCOM, Jakarta - Vanuatu akan menjadi lawan selanjutnya timnas Indonesia di laga ujicoba internasional. Belum pernah jumpa sebelumnya, berikut fakta mengenai timnas Vanuatu.

Pertandingan Indonesia melawan Vanuatu akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (15/6/2019) malam WIB. Ujicoba ini merupakan rangkaian persiapan menuju kualifikasi Piala Dunia 2022. Selain itu, Indonesia bakal memaksimalkan pertandingan ini guna memperbaiki ranking dunia FIFA bulan depan.

Belum pernah jumpa sebelumnya, Indonesia buta peta kekuatan Vanuatu. Bahkan, pelatih Simon McMenemy sudah berusaha mencari informasi di internet tetapi sulit ditemukan.

Timnas Vanuatu terdengar masih asing di telinga pecinta sepakbola Indonesia. Dalam ranking dunia FIFA yang baru dirilis 14 Juni kemarin, Vanuatu berada di urutan 163 sementara Indonesia di peringkat 160.

Negara Vanuatu berbentuk kepulauan di Samudra Pasifik, letak tersebut membuat Vanuatu bergabung dalam Konfederasi Sepakbola Oseania (OFC) bersama Keledonia Baru, Kepulauan Solomon, Fiji, Papua Nugini, Kiribati dan Selandia Baru.

Vanuatu belum pernah tampil di Piala Dunia, prestasi terbaik mereka adalah menjuarai Piala Melanesia pada 1990 dan Wantok Cup 2011. Pertama kali tampil di kompetisi resmi FIFA pada 2017. negara berpenduduk 250 ribu jiwa itu pernah mengirimkan timnas kelompok umurnya berlaga di Piala Dunia U-20 di Korea Selatan, dan langsung kandas di fase grup.

Kompetisi sepakbola Vanuatu bernama Port Vila Football League yang digelar sejak 1994, kompetisi itu level tertinggi di sepakbola mereka, diatas Divisi 2 Port Vila dan Divisi 1 Port Vila.

Fakta menarik lainnya, Vanuatu pernah mengukir kemenangan besar 46-0 melawan Timnas Mikronesia dan 18-0 melawan Kiribati. Namun, mereka juga pernah dihajar 0-9 oleh Selandia Baru.

Kemenangan 46-0 atas timnas Mikronesia berbuntut aduan ke FIFA. Skor tersebut terjadi saat Turnamen Pasific Games 2015, sekaligus menjadi ajang Kualifikasi Olimpiade Rio de Janeiro 2016 bagi negera Oseania. Tim yang dikalahkan dengan skor telak tersebut ternyata merupakan timnas Mikronesi U-23.

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping http://bit.ly/2XV1wXb

No comments:

Post a Comment