Pages

Friday, August 9, 2019

Doa Wukuf di Arafah

WUKUF di padang Arafah pada tanggal 9 Zulhijjah merupakan salah satu rukun, bahkan inti dari ibadah haji. Dalam wukuf, jemaah haji hanya berdiam di area wukuf (mauqif). Meski tuntutannya dasar hanya berdiam, jemaah haji tidak mungkin berdiam diri. Mereka dianjurkan untuk berdoa dan melakukan sejumlah ibadah lainnya.

"(Jemaah haji) dianjurkan wukuf dalam keadaan suci, memperbanyak zikir, tahlil, doa, talbiyah, tadarus Alquran, memperbanyak tadharru (ketundukan hati), merendahkan diri, berdoa terus menerus, lalu menghadap Kabah dan membentangkan kedua tangan," (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Fikr: tanpat tahun], halaman 204).

Syekh M Nawawi Banten menganjurkan jemaah haji yang sedang wukuf untuk membaca lafal doa sebagai berikut:

1. Tahmid.

Alhamdulillhi rabbil lamn.

"Segala puji bagi Allah, tuhan sekalian alam."

2. Talbiyah (3 kali).

Labbaykallhumma labbayk. labbayka l syarka laka labbayk. Innal hamda wan nimata laka wal mulka l syarka lak.

"Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, Aku datang memenuhi panggilan-Mu, Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu. Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Sungguh, segala puji, nikmat, dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu"

3. Takbir dan tahmid (3 kali).

Allhu akbar wa lillhil hamd.

"Allah maha besar. Segala puji bagi Allah."

4. Doa agar Dimudahkan Meninggalkan Maksiat.

Allhummanquln min dzullil mashiyati il izzit thah, wakfin bi hallika an harmik, wa aghnin bi fadhlika an man siwk. Wa nawwir qalb wa qabr. Wa aidzn minas syarri kullih. Wajma liyal khayr. Inn asalukal hud wat tuq, wal affa, wal ghin.

"Ya Allah, pindahkan aku dari rendahnya kemaksiatan ke kemuliaan taat. Cukupilah aku dengan halal-Mu dari barang haram-Mu. Genapilah diriku dengan kemurahan-Mu dari zat selain diri-Mu. Terangilah hati dan kuburku. Lindungilah aku dari segala bentuk kejahatan. Kumpulkanlah segala kebaikan pada diriku. Aku memohon kepada-Mu petunjuk, takwa, kecukupan, dan kekayaan."

5. Doa sapu jagad.

Allhumma rabban tin fid duniya hasanah, wa fil khirati hasanah, wa qin adzban nr.

"Ya Allah, Tuhan kami, berikanlah kebaikan kepada kami di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka."

6. Doa dan pengakuan dosa.

Allhumma inn zhalamtu nafs zhulman katsran kabran, wa innah l yaghfirud dzunba ill anta, faghfir l maghfiratan min indik, warhamn innaka antal ghafrur rahm.

"Ya Allah, sungguh aku menganiaya diriku dengan penganiayaan yang banyak dan besar. Tiada yang mengampuni dosa selain Kau. Oleh karena itu, ampunilah aku dengan ampunan dari sisi-Mu. Kasihanilah aku, sungguh Kau maha pengampun lagi penyayang."

7. Doa istiqamah dalam tobat.

Allhummaghfir l maghfiratan tashluhu bih syan fid drayn, warhamn rahmatan wsiatan asadu bih fid drayn, wa tub alayya taubatan nashh l ankutsuh abad, wa alzimn sablal istiqmah l azghu anh abad.

"Ya Allah, ampunilah aku dengan ampunan yang membuat maslahat urusanku di dunia dan akhirat. Berikanlah aku rahmat-Mu yang luas di mana aku dapat bahagia di dunia dan akhirat. Bimbinglah aku dalam tobat nashuha yang mana aku takkan melanggarnya lagi selamanya. Ikatlah aku di jalan istiqamah yang mana aku takkan menyimpang darinya selamanya."

Adapun Syeh Zakariya Al-Anshari dalam Asnal Mathalibsebagaimana Syekh M Nawawi Bantenmenganjurkan jamaah haji yang sedang wukuf di Padang Arafah memperbanyak zikir, tahlil, doa, talbiyah, dan tadarus Alquran hingga maghrib tiba sesuai ikutan Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Syekh Abu Zakariya Al-Anshari menyebutkan sejumlah doa berikut ini yang masing-masing dibaca sebanyak tiga kali. Ia menambahkan bahwa pembacaan doa saat wuquf berikut ini diawali dengan pujian, pengagungan, tasbih, selawat serta diakhiri dengan lafal "amin".

1. Tahlil.

La ilaha illallahu wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu, wa huwa ala kulli syayin qadir. Allahummajal fi qalbi nuran, wa fi sami nuran, wa fi bashari nuran. Allahummasyrah li shadri wa yassir li amri. Allahumma lakal hamdu.

"Tiada tuhan selain Allah yang esa. Tiada sekutu bagi-Nya. Segala kekuasaan dan pujian bagi-Nya. Dia kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, jadikanlah cahaya pada hatiku, cahaya pada pendengaranku, dan cahaya pada penglihatanku. Ya Allah, lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah urusanku. Ya Allah, segala puji bagi-Mu."

2. Doa perlindungan.

Allahumma laka shalati, wa nusuki, wa mahyaya, wa mamati, wa ilayka maabi, wa laka turatsi. Allahumma inni audzu bika min adzabil qabri, wa waswasatis shadri, wa syattatil amri. Allahumma inni audzu bika min syarri ma tajiu bihir rihu.

"Ya Allah, shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanya untuk-Mu. Hanya kepada-Mu tempat pulangku. Hanya milik-Mu peninggalanku. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, kebimbangan dalam hati, dan berantakannya konsentrasi (persoalan). Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang dibawa oleh angin."

3. Doa agar dimudahkan meninggalkan maksiat.

Allhummanquln min dzullil mashiyati il izzit thah, wakfin bi hallika an harmik, wa aghnin bi fadhlika an man siwk. Wa nawwir qalb wa qabr. Wa aidzn minas syarri kullih. Wajma liyal khayr. Inn asalukal hud wat tuq, wal affa, wal ghin.

"Ya Allah, pindahkan aku dari rendahnya kemaksiatan ke kemuliaan taat. Cukupilah aku dengan halal-Mu dari barang haram-Mu. Genapilah diriku dengan kemurahan-Mu dari zat selain diri-Mu. Terangilah hati dan kuburku. Lindungilah aku dari segala bentuk kejahatan. Kumpulkanlah segala kebaikan pada diriku. Aku memohon kepada-Mu petunjuk, takwa, kecukupan, dan kekayaan." Wallahu alam. [nuol/Alhafiz K]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2N1Qz3t

No comments:

Post a Comment