Pages

Saturday, August 3, 2019

Eropa Tunjuk Georgieva Incar Kursi 1 di IMF

INILAHCOM, Paris - Uni Eropa telah menunjuk Kristalina Georgieva untuk memimpin Dana Moneter Internasional (IMF), mengakhiri kebuntuan pekan ini yang dialami 28 negara.

Georgieva, dari Bulgaria, saat ini menjabat sebagai kepala eksekutif Bank Dunia. Bulan lalu, Christine Lagarde mengundurkan diri sebagai direktur pelaksana IMF untuk mengambil peran baru sebagai kepala Bank Sentral Eropa (ECB) berikutnya.

Para pejabat Eropa mendapati diri mereka berada dalam kebuntuan dan memutuskan untuk mengambil suara untuk mencalonkan kandidat yang paling disukai.

Para kandidat dalam pemilihan antara lain Jeroen Dijsselbloem, mantan menteri keuangan Belanda dan presiden Eurogroup (yang menyatukan menteri keuangan zona euro-19). Nadia Calvino, menteri keuangan Spanyol. Olli Rehn, gubernur bank sentral Finlandia dan mantan komisaris Eropa untuk euro, seperti mengutip cnbc.com.

Negara-negara anggota IMF dapat membuat nominasi hingga 6 September 2019. Setelah itu, dewan IMF akan mewawancarai kandidat yang dicalonkan dan bertujuan untuk menyelesaikan proses pemilihan kepala baru IMF pada tanggal 4 Oktober. IMF selalu dipimpin oleh orang Eropa, sejak pembentukan lembaga. Sebaliknya, Amerika Serikat bisa menunjuk presiden Bank Dunia.

Kembali pada tahun 2011, ketika Christine Lagarde ditunjuk untuk memimpin IMF, ada dua topik utama yang harus dihadapi seperti membangun kembali reputasi IMF setelah skandal yang melibatkan kepala sebelumnya dan mendukung zona euro selama krisis utang negara. Sekarang, lanskap global bisa dibilang lebih kompleks daripada delapan tahun lalu.

AS dan China telah dalam sengketa perdagangan selama sekitar dua tahun. Perang dagang mereka dipandang sebagai batu sandungan terbesar bagi pertumbuhan global. Pada saat yang sama, ada fokus kuat pada kebijakan moneter bagaimana bank sentral memutuskan untuk mendukung berbagai ekonomi dan apakah alat mereka masih efektif setelah hampir satu dekade sejak krisis utang negara.

"Siapa pun yang akan memimpin IMF harus siap berperang. Perang itu adalah perang dagang, perang mata uang, itu adalah risiko yang muncul yang perlu ditangani," kata Mouhammed Choukeir, kepala pejabat Investasi di Kleinwort Hambros awal pekan ini.

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2T3XWYM

No comments:

Post a Comment