Pages

Friday, August 30, 2019

Hukum Membaca Doa Asyura di Akhir dan Awal Tahun

JIKA kita googling dengan kata kunci amaliyah bulan Muharram, maka ada beberapa tautan artikel yang kita temukan berjudul amalan bidah di bulan Muharram, atau 11 perkara yang bidah di bulan Muharram.

Kemudian kalau kita coba telusuri artikel tersebut biasanya akan menyebutkan bahwa tradisi membaca doa di akhir dan awal tahun adalah perkara yang tidak ada landasannya dari Nabi dan bahkan berkumpul dalam majlisnya adalah berdosa.

Kemudian diikiuti dengan hadist man ahdatsa dan kullu bidatin. Sebagaimana dipertegas oleh golongan ini sebagai berikut:

Membaca doa asyura yang tertera dalam majmu al awrad/ kumpulan wirid maka adalah bidah munkarah, dan yang semisalnya seperti doa menjelang awal tahun dan akhir tahun sebagaimana di majmu al awrad juga bidah munkarah yang sesat. (lihat: as-Sunan wal Mubtadaat, Muhammad asy-Syukairi, hal. 134)

Padahal hal ini dilakukan oleh umat Islam juga bukan tanpa landasan, karena pada prinsipnya selama masih tidak bertentangan dengan esensi Quran, sunnah, Ijma dan atsar sahabat maka perkara itu belum bisa dikatakan sesat.

[baca lanjutan]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2ZyHg2t

No comments:

Post a Comment