Pages

Thursday, October 17, 2019

Bursa Saham Asia Tertekan Data Ekonomi China

INILAHCOM, Shanghai - Pasar saham Asia Pasifik beragam pada awal perdagangan Jumat pagi (18/10/2019), karena China merilis angka produk domestik bruto yang lebih buruk dari perkiraan karena konflik perdagangan yang berkepanjangan dengan AS terus mengambil korban pada pertumbuhan.

Pasar China daratan diredam setelah rilis data. Komposit Shanghai datar. Sedangkan komposit Shenzhen naik 0,48%, dan komponen Shenzhen naik 0,13%. Di Hong Kong, indeks Hang Seng hampir datar.

China merilis angka PDB kuartal ketiga pada hari Jumat yang menunjukkan ekonomi tumbuh 6,0% dari tahun lalu - lebih lemah dari ekspektasi analis sebesar 6,1% seperti mengutip cnbc.com.

Sengketa perdagangan Beijing yang berkepanjangan dengan AS telah membebani perekonomiannya, dengan pertumbuhan melambat menjadi 6,2% pada kuartal terakhir, laju paling lambat dalam 27 tahun. China telah menekankan pada hari Kamis bahwa AS harus menghapus tarif agar kedua negara mencapai kesepakatan akhir tentang perdagangan.

"Tidak terkendali, konflik perdagangan AS-Cina akan merosot pertumbuhan jauh di bawah 6%. Khususnya mengingat bahwa secara struktural, pertumbuhan diatur ke moderat hingga 5% dalam 5-10 tahun ke depan," kata Vishnu Varathan, kepala ekonomi dan strategi Mizuho Bank, menulis dalam catatan yang dikirim sebelum data keluar.

Indeks ASX 200 di bursa Australia tergelincir 0,70% di pagi hari. Bank-bank Big Four itu mencatat kerugian karena saham National Australia Bank turun 0,73%, Commonwealth Bank kehilangan 0,95%, ANZ turun 1%, dan saham Westpac turun 1,03%

Di Jepang, Nikkei 225 naik 0,51%. Sementara Kospi di bursa Korea Selatan naik 0,33%.

Secara keseluruhan, indeks MSCI untuk saham Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,15%.

Dalam berita perusahaan, pemasok Apple TSMC memperkirakan kenaikan hampir 10% dalam pendapatan kuartal keempat, dengan permintaan yang kuat untuk chip smartphone dan ponsel yang lebih cepat di belakang momentum pertumbuhan smartphone 5G yang lebih baik dari perkiraan, CEO-nya mengatakan dalam pengarahan pendapatan, menurut laporan Reuters. Perusahaan melaporkan kenaikan pendapatan kuartal ketiga sebesar 12,6% pada hari Kamis.

Saham TSMC turun 0,17% pada awal perdagangan pada hari Jumat.

Raksasa minyak negara Saudi Saudi Aramco dikatakan menunda daftar yang direncanakan, karena ingin memperbarui investor dengan pendapatan terbaru menyusul serangan 14 September yang menghancurkan setengah dari produksi minyak mentahnya, menurut laporan Reuters, mengutip sumber.
Brexit

Sementara itu, pasar di Eropa semalam telah rally di tengah berita bahwa rancangan baru kesepakatan Brexit telah tercapai, dengan sterling melompat ke level tertinggi lima bulan. Tetapi harapan-harapan itu segera berkurang - dengan sterling memberikan keuntungan - oleh partai-partai oposisi Inggris yang menyuarakan keprihatinan mereka.

Pound Inggris terakhir di 1,2860 melawan dolar, turun dari tertinggi $ 1,2988 pada satu titik.

Saham Stateside, A.S. melonjak di belakang laporan laba yang kuat dari perusahaan seperti Netflix dan Morgan Stanley.

Indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap sekeranjang rekan-rekannya, terakhir di 97,585, meluncur dari ketinggian sebelumnya di 98,113.

Yen Jepang diperdagangkan pada 108,62, sentuhan yang lebih kuat dari 108,67 yang terlihat sebelumnya. Dolar Australia berpindah tangan pada $ 0,6832 mengikuti level terendah $ 0,6819 yang terlihat sebelumnya.

Harga minyak turun di perdagangan pagi selama jam-jam Asia: Patokan global Brent turun 0,43% menjadi US$59,65 per barel sementara minyak mentah AS tergelincir 0,13% menjadi US$53,86.

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2IZI6uF

No comments:

Post a Comment