Pages

Wednesday, October 16, 2019

PBB juga Cemaskan Dampak Perang Tarif AS dan Eropa

INILAHCOM, Brussels - Kepala badan bidang perdagangan di bawah naungan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bertanggung jawab untuk mempromosikan perdagangan di seluruh negara maju telah memperingatkan bahwa perang tarif antara UE dan AS akan menyeret ekonomi global mundur.

"Itu berarti langsung menuju resesi," Arancha Gonzalez, Direktur Eksekutif International Trade Center (ITC), usai pertemuan dengan pejabat Komisi Eropa di Brussels. "Semua ini menunjuk ke satu arah. Jika kita terus menggali lubang yang sama, kita akan melihat resesi besar," katanya seperti mengutip cnbc.com, Rabu (16/10/2019).

Tarif AS untuk produk-produk Eropa senilai US$7,5 miliar dijadwalkan untuk mulai berlaku pada hari Jumat 18 Oktober, setelah para arbitrator Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) memberi wewenang kepada AS untuk mengambil tindakan balasan terhadap UE untuk memperbaiki dekade-dekade subsidi pemerintah ilegal kepada produsen pesawat terbang Airbus.

Komisi Eropa, yang mengawasi kebijakan perdagangan untuk Uni Eropa, telah berulang kali mengatakan bahwa mereka ingin memasuki negosiasi dengan Amerika Serikat untuk menyelesaikan perselisihan, tanpa menggunakan tarif.

Kembali pada bulan Mei, UE telah menerbitkan daftar awal produk Amerika sendiri, senilai US$20 miliar, yang dapat menghadapi tarif pembalasan di masa depan. Awal bulan ini, komisaris perdagangan baru UE yang ditunjuk, Phil Hogan mengatakan kepada anggota parlemen Eropa dalam sidang konfirmasi bahwa blok perdagangan harus siap untuk "membela diri sendiri."

Pada hari Senin setelah adopsi resmi WTO atas putusan arbiter tentang Airbus, duta besar AS untuk WTO, Dennis Shea, mengatakan pemerintahan Trump berharap bahwa hanya setelah berlakunya tindakan penanggulangan pada hari Jumat bahwa EU. akan "menyetujui penghentian asli subsidi WTO yang tidak konsisten dan dampak buruk yang mengalir darinya."

Gonzalez berpendapat bahwa berdasarkan semua bukti empiris ini sepenuhnya pendekatan yang salah. "Apa yang kita ketahui secara mendasar adalah bahwa tarif tidak menyelesaikan masalah yang menggarisbawahi yang ada dalam perdagangan internasional," katanya.

"Apa yang masuk akal adalah semua orang yang memproduksi pesawat yang duduk mengelilingi meja untuk mencari tahu bagaimana mereka memperkuat aturan anti-subsidi, bagaimana mereka memastikan persaingan yang lebih adil di sektor pesawat, mengingat bahwa mereka semua curang pada saat ini."

Selama musim panas Komisi Eropa mengusulkan kerangka kerja baru yang akan menentukan cara pemerintah mensubsidi sektor pesawat terbang sipil. Tetapi awal bulan ini, komisioner perdagangan Eropa yang akan keluar, Cecilia Malmstrom, mengatakan proposal-proposal baru itu sejauh ini gagal mendapatkan tanggapan berarti dari Washington D.C.

Pandangan ITC, paling sering difokuskan pada pengembangan ekonomi dan usaha kecil dan menengah (UKM), dan Gonzales menyatakan keprihatinan bahwa pertengkaran perdagangan antara kekuatan ekonomi utama telah mengalir ke bisnis di sudut paling terpencil di dunia.

"Ketidakpastian memperlambat ekonomi," katanya, mengutip prediksi pertumbuhan baru-baru ini dari IMF dan angka yang diharapkan dari OECD. "Ini adalah kolesterol yang pada dasarnya menghalangi arteri ekonomi internasional dan itu mempengaruhi setiap negara di dunia."

Untuk usaha kecil di ekonomi kurang beruntung yang sudah berjuang untuk memenuhi kebutuhan, ketidakpastian ini yang dia bersikeras akan memiliki "dampak yang tidak proporsional pada yang paling lemah di ekonomi kita, yang lebih kecil."

Gonzalez mengakui bahwa kerangka kerja global untuk perdagangan, dan khususnya WTO, membutuhkan adaptasi dan penyesuaian. Tetapi pilihan untuk proses reformasi itu, jelasnya, adalah antara membiarkan yang "paling kuat didikte," atau mengizinkan semua negara untuk membentuk aturan perdagangan multilateral baru dengan "cara inklusif."

"Yang kita butuhkan bukanlah pulau yang kuat di lautan kemelaratan di seluruh dunia," katanya kepada CNBC, merujuk pada AS dan China pada khususnya. "Yang kita butuhkan adalah dunia yang kuat dengan semua bagian dunia terangkat."

"Setiap pembuat kebijakan yang bertanggung jawab dan politisi yang bertanggung jawab saat ini tahu bahwa agar negaranya menjadi kuat, mereka membutuhkan dunia untuk menjadi lebih kuat."

Dan ketika membahas jenis tarif pembalasan antara AS dan blok perdagangan Eropa yang berpotensi meningkat mulai hari Jumat ini, Gonzalez menyoroti tantangan peningkatan seperti itu akan menciptakan untuk produsen skala kecil di kedua sisi Atlantik.

"Hari ini mungkin adalah produsen Parmigiano di Italia, dan produsen minyak zaitun di Spanyol, dan pembuat anggur di seluruh Eropa. Tapi besok, itu akan menjadi penanam apel di Amerika, produsen baju di Carolina, atau memproduksi jus jeruk di Florida. "

"Ini pada dasarnya adalah permainan pecundang."

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2OW3vbU

No comments:

Post a Comment