Pages

Sunday, December 1, 2019

Bursa Saham Asia Bergerak Positif

INILAHCOM, Tokyo - Bursa saham di Asia diperdagangkan lebih tinggi pada Senin pagi (2/12/2019) karena data resmi selama akhir pekan menunjukkan aktivitas pabrik China naik secara tak terduga pada bulan November.

Nikkei 225 di bursa saham Jepang naik 0,76% pada awal perdagangan, dengan saham kelas berat indeks dan pembuat robot Fanuc naik 1,03%. Kospi di pasar saham Korea Selatan juga naik 0,62%.

Sementara itu, saham di bursa saham Australia juga naik tipis karena indeks ASX 200 naik 0,44%. Secara keseluruhan, indeks MSCI Asia ex-Jepang diperdagangkan 0,16% lebih tinggi

Investor akan menunggu rilis survei pribadi aktivitas pabrik Cina, dengan Indeks Manajer Pembelian manufaktur Caixin / Markit akan keluar sekitar jam 9:45 pagi. HK / SIN.

Data yang dirilis pada akhir pekan menunjukkan Indeks Manajer Pembelian (PMI) resmi berada di 50,2 pada November, menurut Biro Statistik Nasional China. Itu di luar ekspektasi pembacaan November 49,5 oleh analis dalam jajak pendapat Reuters. Pembacaan PMI resmi telah datang di 49,3 pada bulan Oktober.

Tanda 50 poin memisahkan pertumbuhan dan kontraksi dalam pembacaan PMI.

"Langkah kembali ke mode ekspansi dalam PMI manufaktur resmi China adalah berita baik (tapi) juga agak marah dengan fakta-fakta sektor industri China masih dikepung oleh risiko deflasi dan meningkatnya biaya pinjaman sementara konsumen domestik tetap terkendala oleh harga pangan yang lebih tinggi," Rodrigo Catril, ahli strategi valuta asing senior di National Australia Bank, menulis dalam sebuah catatan seperti mengutip cnbc.com.

Ketidakpastian terus mengaburkan prospek negosiasi dan protes perdagangan AS-China di Hong Kong. Media pemerintah China mengatakan Minggu bahwa Beijing menginginkan pengembalian tarif dalam perjanjian perdagangan fase satu yang ingin dicapai oleh kedua kekuatan ekonomi tersebut.

Sementara itu, kerusuhan sipil terus mengguncang Hong Kong ketika kota itu melihat protes baru selama akhir pekan.

Ketegangan AS dan Cina meningkat minggu lalu setelah Presiden AS Donald Trump menandatangani dua undang-undang yang mendukung para pemrotes di Hong Kong, mendorong kementerian luar negeri China untuk mengklaim Washington memiliki "niat jahat" setelah rancangan undang-undang itu ditandatangani.

Seorang juru bicara kementerian luar negeri Tiongkok menambahkan Jumat bahwa negara itu akan mengambil "langkah-langkah balasan yang kuat" terhadap AS.

Situasi di Hong Kong telah meningkatkan kekhawatiran akan ketegangan dalam negosiasi perdagangan antara Washington dan Beijing menjelang 15 Desember, ketika tarif baru ekspor Tiongkok ke AS akan dimulai.
Mata uang dan minyak

Indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap sekeranjang rekan-rekannya, berada di 98,297 setelah naik ke level di atas 98,4 akhir pekan lalu.

Yen Jepang diperdagangkan pada 109,56 melawan dolar setelah melemah dari level di bawah 108,9 minggu lalu. Dolar Australia berpindah tangan pada $ 0,6764 setelah menurun dari level di atas $ 0,678 pada minggu perdagangan sebelumnya.

Harga minyak naik di pagi hari jam perdagangan Asia. Patokan internasional berjangka minyak mentah Brent naik 1,12% menjadi US$61,17 per barel. Minyak mentah berjangka AS naik 1,38% menjadi US$55,93 per barel.

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2r7wSyv

No comments:

Post a Comment