Pages

Tuesday, January 28, 2020

Kementan Bidik Komoditas Rempah

INILAHCOM, Jakarta - Tekad Kementerian Pertanian (Kementan) untuk meningkatkan lagi ekspor rempah yang selama ini tertinggal akan mengembalikan citra positif Indonesia di level internasional.

"Kita (bangsa Indonesia) adalah negara yang terkenal dengan kekayaan rempah sejak dulu. Itu yang membuat bangsa lain di dunia tertarik. Tapi akhir-akhir ini rempah kita seperti kalah saing," kata pengamat ekonomi pertanian LIPI Latif Adam, Selasa (28/1/2020).

Kendati demikian, Latif optimis, Kementan bakal mampu menyusun strategi program ke depan guna mencetak lagi kejayaan rempah nasional di pasar global.

"Indonesia sebetulnya masih sebagai produsen terbesar rempah. Keinginan Kementan harus diapresiasi. Yakin saja Kementan bisa melahirkan lagi tren kualitas ekspor rempah kita ke dunia," ujar Latif.

Guna diketahui, Kementan saat ini telah mulai menyiapkan kembali peningkatan produksi rempah nasional agar dapat berdaya saing di ekpsor global.

Kementan telah membidik komoditas rempah Nusantara yang belakangan ini semakin menua dan kurang diminati untuk dikelola produktif supaya unggul di pasar perdagangan dunia.

Selain itu, Kementan akan menyusun tentang pengelolaan perkebunan rempah secara modern sehingga dapat diantisipasi tingkat gagal panen yang menghambat sasaran program tiga kali ekspor (Gratieks). [ton]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2Gxqqoq

No comments:

Post a Comment