Pages

Thursday, January 2, 2020

Menkes Imbau Waspada Penyakit Leptospirosis

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) RI Letjen (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad(K), mengimbau kepada masyarakat penyakit yang menyerang pencernaan khususnya dari bangkai hewan, yaitu tikus.

Penyakit tersebut adalah leptospirosis. Ini biasanya timbul usai musim hujan atau banjir.

"Ya mulai dari penyakitnya itu pencernaan leptospirosis karena itu kita lihat bangkai bangkai tikus banyak," kata Terawan di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Jumat, (03/01/2020).

Menkes Terawan kemarin, berkesempatan melihat langsung lokasi banjir, Kampung Duri, Kecamatan Cengkareng Barat, dan titik wilayah banjir lainnya.

"Kemarin banyak bangkai binatang juga ada sehingga saya kemarin meninjau itu saya langsung melihat langsung, waduh ini berarti air bersih yang harus segera di inikan," tambahnya.

Masih menurutnya, sumber air bersih pasca banjir sangat diperlukan. Selain untuk mendukung PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat), juga untuk membersihkan rumah yang kotor paska mengalami genangan air masuk.

"Sumber-sumber air misalnya sumur yang tenggelam karena itu harus segera kita apa surfilence, kita skrining, kita awasi, terus daerah daerah itu juga harus segera dapat terpenuhi masalah kebutuhan air bersih," paparnya.(tka)

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2ZWmjvj

No comments:

Post a Comment