Pages

Sunday, September 30, 2018

Empat Daerah Berstatus Tanggap Darurat

INILAHCOM, Jakarta - Selain Palu dan Donggala, dua kabupaten di Sulawasi Tengah yakni Sigi dan Parigi Moutung turut menjadi lokasi terdampak gempa dan tsunami yang cukup parah.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan keempat daerah itu kini berstatus tanggap darurat. Status tanggap darurat itu dilakukan selama 14 hari ke depan.

"Daerah terdampak meliputi Kota Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Parigi Moutong. Mendagri telah mengirimkan surat kawat agar kepala daerah setempat menetapkan masa tanggap darurat," kata Sutopo di gedung BNPB, Jakarta Timur, Minggu (30/9/2018).

Pemerintah pusat dan daerah memiliki akses selama 14 hari untuk melakukan evakuasi dan pendistribusian bantuan ke lokasi-lokasi gempa. Pemberlakukan ini terhitung dari sejak 28 September hingga 11 Okober 2018 mendatang.

"Pemerintah memiliki kemudahan akses di dalam pengerahan personel pengerahan logistik peralatan termasuk penggunaan anggaran untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dalam penanganan darurat di Sulawesi Tengah," katanya.

Terkait masa tanggap darurat ini, Gubernur Sulteng Longki Djanggola telah mendirikan posko induk di Markas Komandp Resor Militer 132/ Tadulako di Kota Palu.

"Sehingga antar kabupaten koota dengan provinsi akan dilakukan koordinasi dengan baik. Berdasarkan laporan hari ini akan dilakukan setup semuanya dan segera dioperasikan dan daerah yang terdampak. Tadi saya sampaikan empat kabupaten/kota terdampak gempa bumi dan tsunami," tandas Sutopo.[Ivs].

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2OmdZ4l

No comments:

Post a Comment