Pages

Monday, October 1, 2018

Wiranto Bantah Status Gempa Palu Bencana Nasional

INILAHCOM, Jakarta - Menkopolhukam Wiranto mengakui telah masuknya sejumlah tawaran bantuan dari negara lain untuk warga Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah yang menjadi korban gempa dan tsunami.

"Ya sedang kami atur. Nanti kami rapatkan, negara yang menawarkan sudah banyak, banyak sekali. Banyak tawaran dan akan kita bincangkan dengan mereka," jelas Wiranto di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (1/10/2018).

Wiranto mengungkapkan, bantuan yang ditawarkan ke Indonesia datang mulai dari negara-negara di Asia Tenggara hingga sejumlah negara yang berada di kawasan Eropa dan Amerika.

Menurutnya, pemerintah beserta lembaga terkait akan membahas mekanisme bantuan dari negara asing. Kemungkinan hari ini, para duta besar akan dipanggil untuk membicarakan masalah tawaran bantuan tersebut.

"Hari ini kita memanggil para dubes untuk membicarakan bantuan apa yang bisa ditawarkan dan kita juga sudah punya target-target hal-hal yang dibutuhkan dalam rangka penanganan pengungsi itu," ujarnya.

Lebih lanjut, Wiranto menepis tudingan adanya bantuan dari negara lain untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah menunjukkan status musibah ini naik menjadi bencana nasional. "Bukan bukan. Ini tidak bicara status. Ini bicara soal kebutuhan," ucapnya.

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2DIecef

No comments:

Post a Comment