Pages

Friday, November 30, 2018

Atasi Infertilitas dengan Baik dan Benar

INILAHCOM, Jakarta - Penanganan dengan menggunakan obat-obatan bisa diberikan untuk penyebab infertilitas seperti faktor hormonal atau masalah pematangan sel telur.

Namun, penanganan yang berbeda seperti pembedahan dapat dilakukan untuk pasien dengan kasus endometriosis, miom, kista, tumor, dan kanker.

Infertilitas atau ketidaksuburan, yaitu suatu keadaan dimana belum terjadi kehamilan meski tidak menggunakan kontrasepsi apapun dan telah melakukan hubungan seksual secara teratur selama 6 bulan sampai 1 tahun.

Tindakan operasi saat ini dapat dilakukan dengan teknik konvensional (pasien dibedah dengan sayatan yang lebar untuk mengangkat kista) dan metode terkini di dunia kedokteran yaitu bedah minimal invasif yang lebih dikenal dengan istilah laparoskopi/ endoskopi.

Laparoskopi adalah sebuah teknik bedah invasif minimal dengan menggunakan instrumen bedah berdiameter kecil (5mm-10mm) untuk melakukan prosedur pembedahan di dalam rongga perut.

"Operasi laparoskopi untuk kasus-kasus kandungan dilakukan berdasarkan penilaian atas kondisi masing-masing individu. Teknik operasi ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain luka sayatan yang sangat kecil yaitu sekitar 7 mm jika dibandingkan dengan luka sayatan pada operasi konvensional yang dapat mencapai 100 mm, waktu pemulihan pasien yang relatif cepat, nyeri luka paska operasi minimal dan risiko komplikasi yang relatif rendah. Teknologi ini dapat kita aplikasikan juga pada kasus-kasus keganasan," kata konsulen obstetri dan ginekologi dengan subspesialis onkologi Siloam Hospitals Kebon Jeruk dr. Ong Tjandra, MMPd, M.Kes, Sp.OG(K-Onk), di Rumah Sakit Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta, baru - baru ini.

Tindakan laparoskopi untuk pengangkatan kista (laparascopic cystectomy), pengangkatan polip (histeroscopic polypectomy), pengangkatan miom (laparoscopic myomectomy) hingga pengangkatan rahim (total laparoscopic hysterectomy) untuk kasus jinak dan ganas sudah dilakukan di Siloam Hospitals Kebon Jeruk.

Didukung oleh tim dokter subspesialis dan staf yang terampil serta didukung dengan teknologi dan fasilitas modern. Teknik ini membuahkan hasil yang memuaskan sehingga membantu pasien mendapatkan buah hati yang didambakan.(tka)

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2E5AsOj

No comments:

Post a Comment