Pages

Thursday, November 1, 2018

Bursa Asia Sebagian Berakhir Positif

INILAHCOM, Shanghai - Bursa saham Asia memulai November, pada perdagangan Kamis (1/11/2018) dengan sebagian besar hasil positif. Saham Softbank menyelam lebih dari 8 persen.

Saham di Asia bergerak bagaikan roller coaster pada perdagangan bulan Oktober. namun awal bulan November, indeks bergerak tenang.

Pasar China Raya melihat keuntungan, dengan komposit Shanghai naik 0,13 persen menjadi berakhir pada sekitar 2.606,24. Untuk komposit Shenzhen naik 0,934 persen menjadi berakhir di sekitar 1.306,31.

Sementara itu, indeks Hang Seng Hong Kong diperdagangkan 1,72 persen lebih tinggi dalam aksi sore.

Kenaikan itu didukung oleh laporan Kamis pagi indeks Indeks Pembelian Manajer (PMI) Caixin-IHS Markit, yang datang pada 50,1 untuk Oktober. Analis yang disurvei oleh Reuters mengharapkan bacaan telah merosot sedikit menjadi 49,9 dari 50,0 pada bulan September.

Survei ini mencakup usaha kecil dan menengah di negara tersebut, dan pembacaan di atas 50 menunjukkan ekspansi di sektor ini.

Kudlow mengatakan 'tidak ada yang diatur di batu' pada tarif China. Data ekonomi China telah menjadi fokus utama dalam beberapa bulan terakhir saat perang perdagangan AS-China terus mengkhawatirkan investor dan bisnis.

Pada hari Rabu, negara itu kehilangan harapan dengan Indeks Manajer Pembelian manufaktur resmi, yang mencakup perusahaan besar dan perusahaan milik negara, menunjukkan bahwa pertumbuhan manufaktur China telah lebih lemah dari yang diantisipasi.

Dalam berita perang perdagangan lainnya, penasihat ekonomi utama Presiden AS Donald Trump, Larry Kudlow mengatakan kepada CNBC pada hari Rabu bahwa tidak ada yang diatur di batu sekarang pada apakah Washington akan memberlakukan tarif tambahan di Beijing.

Kudlow mengatakan pembicaraan kebijakan akan menentukan apakah Gedung Putih memaksakan tugas baru, bukan garis waktu yang sewenang-wenang.

Direktur Dewan Ekonomi Nasional menambahkan bahwa dia tidak akan menyebutkan tuntutan spesifik yang diinginkan Trump untuk bertemu China agar dia mengurangi tarif. Namun dia mencatat bahwa presiden telah berulang kali mendorong Beijing untuk mengatasi dugaan pencurian kekayaan intelektual dan hambatan impor AS.

Komentar Kudlow datang menyusul laporan yang mengatakan Trump dapat menerapkan lebih banyak tarif pada China karena friksi perdagangan meningkat.

Sementara indeks Nikkei 225 Jepang, bagaimanapun, turun 1,06 persen menjadi ditutup pada 21.687,65. Sementara Topix turun 0,85 persen menjadi berakhir pada 1.632,05.

Raksasa teknologi fokus, dengan saham Panasonic merosot 5,64 persen dan saham Softbank tenggelam hingga 8,16 persen, seperti mengutip cnbc.com.

Dan Baker, seorang analis di Morningstar, mengatakan penurunan signifikan Softbank mungkin karena berita tentang salah satu saingan telekomunikasi Jepang yang menurunkan biaya. Namun, ia menambahkan, slip saham Kamis tampak seperti sebuah gerakan besar memberikan kontribusi telekomunikasi domestik, akan berkontribusi yang lebih kecil terhadap nilai keseluruhan perusahaan.

Di Australia, benchmark ASX 200 menurunkan sebagian besar kenaikan sebelumnya tetapi masih mengakhiri hari perdagangan naik 0,18 persen menjadi 5.840,8. Sektor material naik 1,28 persen, dengan saham penambang utama membukukan keuntungan: Rio Tinto naik 2,09 persen, Fortescue Metals naik 2,75 persen dan BHP Billiton melonjak 2,79 persen.

Langkah dalam saham BHP mengikuti pengumuman di mana perusahaan mengatakan berencana untuk mengembalikan US$10,4 miliar kepada para pemegang sahamnya melalui kombinasi pembelian di luar pasar dan dividen khusus. BHP mengatakan pihaknya akan menargetkan pembelian kembali saham di luar pasar sebesar US$5,2 miliar segera dan berencana untuk membayar sisa dari hasil dari penjualan aset AS di darat dalam bentuk dividen khusus.

Sementara itu, Kospi Korea Selatan berbalik arah untuk turun 0,26 persen pada 2,024.46 oleh bel penutupan.

Indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap sekeranjang mata uangnya, berada di 96.737 setelah melihat level tertinggi sebelumnya di 97.115.

Yen Jepang berada di 112,82 melawan dolar setelah menguat dari level sekitar 113,3 pada sesi sebelumnya.

Dolar Australia berada di US$0,7142 dari terendah sebelumnya US$0,7070. Pergerakan dolar Aussie terjadi setelah surplus perdagangan negara itu di atas ekspektasi. ck

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2yILODS

No comments:

Post a Comment