Pages

Friday, November 23, 2018

Tiga Penyakit Kerap Jangkit Anak Hingga 2 Tahun

INILAHCOM, Jakarta - Terdapat tiga penyakit yang paling banyak menjangkiti anak hingga usia 2 tahun. Apa saja?

Ada sekitar tiga penyakit yang sering terdapat di Kecamatan Penjaringan, Kelurahan Pluit. Penyakit tersebut paling banyak menjangkiti anak hingga usia 2 tahun.

"Infeksi saluran napas atas (ISPA), diare, dan penyakit kulit," ujar dr. Mulia Suryandari, MKM dokter Puskesmas Kecamatan Penjaringan, Koordinator P2P, saat ditemui di acara Sleek Baby di RPTRA JAKPRO ASRI, Pluit, Jakarta, Jumat, (23/11/2018).

Masih menurutnya, mpetigo dan scabies (kutu kulit) termasuk penyakit kulit yang paling sering muncul. Baik ISPA, diare, dan penaykit kulit sangat berkaitan dengan kebersihan.

"Cuci tangan dan mandi itu penting sekali," tegas dr. Mulia, saat dijumpai dalam diskusi dan sosialisasi Kampanye Sleek Baby 1.000 Hari Perlindungan.

Secara garis besar, status gizi anak di Kelurahan Pluit sudah berada dalam kisaran normal, dengan berat badan (BB) yang baik. Namun masih ada sebagian anak yang berada di bawah garis merah (kurus), bahkan di bawah garis hitam (sangat kurus).

"Anak yang status gizinya buruk itu pendatang," terang dr. Mulia.

Status gizi balita dipantau di Posyandu. Bila ditemukan kasus gizi kurang atau gizi buruk, petugas Posyandu melakukan kunjungan rumah.

"Kami cari apa penyebabnya. Keluarga diedukasi, lalu bayi kami beri makanan tambahan," ujar dr. Mulia.

Makanan tambahan bisa berupa susu, atau bubur bayi dari bantuan Kementrian Kesehatan. 1.000 Hari Perlindungan. (tka)

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2S9wlUq

No comments:

Post a Comment