Pages

Friday, December 14, 2018

Jokowi Groundbreaking Tol Trans Sumatera

INILAHCOM, Banda Aceh - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek Tol Trans Sumatera seksi Sigli-Banda Aceh di kawasan Blang Bintang, Banda Aceh, Jumat (14/12/2018).

"Sore hari ini kita akan melakukan peletakan batu pertama untuk dimulainya konstruksi jalan tol dari Aceh menuju Lampung. Saya ingat waktu memulai jalan tol di Lampung, di Bakauheni, banyak orang menyangsikan apakah ini betul-betul serius dan akan selesai?" ujar Jokowi saat peresmian.

Seperti yang sudah sering disampaikan Kepala Negara bahwa di Lampung dari Bakauheni sampai Terbanggi Besar itu sepanjang 148 kilometer.

"Akhir Desember ini insyaallah akan kita resmikan. Kemudian yang dari Bakauheni ke Palembang ini akan sambung insyaallah nanti di bulan April 2019 sepanjang 350 kilometer. Ini bukan sesuatu yang dulu kita bayangkan bahwa ini betul-betul akan bisa sambung. Demikian juga dari Bakauheni sampai ke titik nol di Aceh ini, mungkin orang juga akan sangsi," imbuhnya.

Jokowi meyakini dengan kerja keras dari Kementerian PUPR, Kementerian BUMN dan Pemprov, Pemkot serta Pemkab untuk memiliki semangat yang sama menyelesaikan tol ini.

"Saya meyakini nanti di 2024 dari Bakauheni Insya Allah akan sambung, yaitu sepanjang kurang lebih 2.000 kilometer dengan ditambang cabang-cabangnya sepanjang 700 kilometer. Artinya totalnya 2.700," imbuhnya.

Presiden RI menegaskan pentingnya peranan semua pihak untuk turut serta membantu pembebasan lahan atau tanah cepat diselesaikan.

"Problemnya hanya ada di situ. Di mana-mana yang namanya pembangunan jalan tol itu selalu problem dan masalah di pembebasan. Tetapi kalau kita bekerja dengan baik saya meyakini pengalaman kita yang dari Bakauheni sampai Palembang itu juga masalahnya bukan masalah yang besar, kecil-kecil biasa di lapangan terjadi problem-problem," tuturnya.

Hal kedua yang disampaikannya ialah di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam telah banyak proyek dikerjakan, mulai dari waduk Kreung Keureuto yang di lapangan masih sedikit ada masalah.

"Tadi saya sudah dengar masalahnya. Ada juga pembangunan irigasi di Aceh Barat waduknya selesai irigasinya juga saya dengar dari Menteri PU sudah diselesaikan. Kemudian kawasan ekonomi khusus di Lhokseumawe, izinnya, kertasnya juga sudah saya berikan," jelasnya.

Jokowi memastikan, eksekusi lanjutan seluruh proyek ini akan terus dikejar dan dipantaunya. Terutama untuk kawasan ekonomi khusus, ia mengatakan agar dijalankan secara maksimal.

"Akan saya kejar. Jangan sampai sudah diberi kawasan ekonomi khusus tetapi investor atau investasi tidak masuk. Kertas ini menjadi tidak ada artinya," tandasnya.

Peresmian ini ditandai oleh penekanan tombol hingga berbunyi sirine yanh menjadi penanda dimulainya ground breaking jalan bebas hambatan petama di Aceh yang menghubungkan Sigli-Banda Aceh oleh Presiden RI.

"Terakhir, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, sore hari ini kita laksanakan groundbreaking pembangunan jalan tol ruas Banda Aceh ke Sigli sepanjang 74 kilometer sekaligus kita resmikan Masjid At-Taqarrub, flyover simpang Surabaya dan kawasan ekonomi khusus Arun di Lhokseumawe," kata Jokowi. [ton]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2LfaXLi

No comments:

Post a Comment