Pages

Friday, December 14, 2018

Jokowi-Ma'ruf Diyakini Masih Tetap Unggul

INILAHCOM, Jakarta - Koordinator Jaringan Masyarakat Muslim Melayu (JAMMAL), Rofiq Al Fikri menilai kabar soal pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin yang kalah dala survei di media sosial adalah hoax.

Sebab berdasarkan hasil survei lembaga analisa perilaku di media sosial Politicalwave yang melakukan pantauannya selama 6-13 Desember 2018 dimana data menunjukkan justru Jokowi-Maruf unggul di medsos dibandingkan Prabowo-Sandi.

Hal itu diukur dari jumlah percakapan Jokowi-Maruf yaitu 739.206 (63,6 persen), sementara Prabowo-Sandi hanya 422.986 (36,4 persen) dari total percakapan kedua paslon di medsos yang jumlahnya mencapai 1.162.192 percakapan.
"Menariknya, keunggulan Jokowi-Maruf dalam percakapan medsos pun sejalan dengan keunggulan jenis percakapan yang nadanya positif (sentimen positif)," jelas Rofiq Al Fikri dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/12/2018).
Sentimen positif tentang Jokowi-Ma'ruf di medsos jumlahnya mencapai 46 persen. Sementara Prabowo-Sandi hanya 28 persen.

Namun demikian, sentimen negatif kepada Jokowi-Maruf lebih besar (28 persen) dibandingkan sentimen negatif tentang Prabowo-Sandi (12 persen).

Hal itu karena dari pantuan sistem PoliticalWave diketahui pendukung Jokowi cenderung lebih mengkampanyekan prestasi Jokowi, namun jarang yang membicarakan sisi negatif dari Prabowo-Sandi.

Dalam periode pengamatan ini, Politicawave mencatat dua hal paling menonjol dari kedua kubu. Dari kubu Jokowi perbincangan paling menonjol yaitu tentang keharmonisan keluarga Jokowi di Istana Bogor.

Sementara itu, perbicangan paling menonjol di kubu Prabowo, yaitu tentang perilaku Prabowo yang mengecam media serta berperilaku kasar (main tangan) kepada wartawan.

Untuk catatan, Politicawave hanya menghitung perbincangan oleh akun real (bukan bot/robot).

Dari data yang ada ini, kubu Jokowi tetap perlu menjaga semangat dan konsisten menangkal aktivitas medsos kubu Prabowo dengan ribuan botnya.
Karena sekali lagi, masyarakat semakin cerdas. Semakin diberikan fakta, maka mereka akan semakin sadar dalam memilih pemimpin yang layak dipilih.[jat]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2Lhbo7Z

No comments:

Post a Comment