Pages

Friday, December 14, 2018

Nongol Di Kantor Jonan, Bos Freeport Bahas Ini

INILAHCOM, Jakarta - Executive Vice Presiden PT Freeport Indonesia (PTFI), Tony Wenas mendadak nongol di kantor Kementerian Energi, dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta Pusat, Jumat (14/12/2018) sore.

Kedatangan bos PTFI itu adalah untuk membahas Izin Usaha Pertambagan Khusus (IUPK) sementara, jadi definitif. Sebab, kontrak perusahaan Amerika Serikat akan habis pada tahun 2021.

Selain, IUPK kata Tony, kedatangannya juga untuk membahas permasalahan lingkungan berupa limbah tailing dari pertambangan tersebut. "(Membahas) IUPK, lingkungan hidupnya. kan lingkungan hidup ada di IUPK," kata Tony di Kementerian ESDM.

Namun, dia belum bisa mengungkapkan status pembahasan tentang IUPK. Hanya saja, kata dia, semua masih dalam pembahasan bersama pemerintah. "Masih dibahas lah, semua. Mudah-mudahan bisa lebih cepat," ujar dia.

Sebelumnya Kementerian ESDM mengaku pihaknya belum bisa memberikan IUPK ke PTFI sebelum perusahaan asal Amerika Serikat selesaikan masalah lingkungan.

"Nanti kami lihat, semuanya selesai (masalah) lingkungan, divestasi selesai semua baru IUPK keluar," kata Dirjen Minerba, Bambang Gatot di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Dikonfirmasi permintaan PT Inalum yang meminta IUPK keluar dulu baru divestasi bisa terlaksana, Bambang enggan jawab dengan tegas. Yang pasti, IUPK keluar setelah masalah lingkungan berupa limbah tailing.

"Ya nanti kami lihat lah. Ya itu semuanya harus selesei semua," ujar Bambang.

Dirut PT Inalum, Budi Gunadi Sadikin sebelumnya mengatakan, transaksi divestasi 51% Freeport belum bisa dilakukan. Sebab, pihaknya sekarang ini masih menunggu Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan izin usaha pertambangan khusus (IUPK) kepada Freeport.

"Kapan transaksinya bisa realisasi? Begitu ESDM siap keluarin izin (IUPK), uang sudah ada," tegas Dirut Inalum, Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Jumat (16/11/2018).

Menurut dia, proses pembayaran saham PT Freeport Indonesia ke pemiliknya, Freeport McMoran akan digelar bersamaan dengan keluarnya IUPK. Itu juga dibarengi dengan kesepahaman antara pemerintah dengan Freeport menyangkut penyelesaian masalah lingkungan.

Adapun belum dikeluarkannya IUPK oleh ESDM kepada Freeport karena sampai saat ini masih ada masalah lingkungan berupa limbah tailing yang belum diselesaikan oleh perusahaan asal Amerika Serikat itu. [hid]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2LeDsbY

No comments:

Post a Comment