Pages

Wednesday, January 2, 2019

Jokowi Minta Rumah Korban Tsunami Segera Dibangun

INILAHCOM, Lampung - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajaran terkait untuk segera melakukan penanganan korban bencana tsunami Selat Sunda di Lampung, sehingga selanjutnya pemerintah membangun rumah warga yang rusak.

"Tadi rakyat meminta agar segera rumahnya dibangun. Kita akan masuk ke situ, ke tahap rekonstruksi dan pembangunan. Tidak ada hunian sementara. Jadi langsung akan dibangun rumah," kata Jokowi saat meninjau lokasi tsunami di Lampung, Rabu (2/1/2019).

Menurut dia, pemerintah akan melakukan relokasi terhadap wilayah hunian milik warga yang segera dibangun tersebut. Bahkan, lahan seluas 2 hektare sudah disiapkan sebagai lokasi hunian baru yang relatif lebih aman dari bencana serupa.

Ia mengatakan penataan tata ruang terutama wilayah-wilayah yang berada di sekitar garis pantai sudah mendesak untuk dilakukan, tujuannya untuk mengurangi risiko jatuhnya korban jiwa akibat bencana.

"Kita tidak hanya berbicara sekarang, tidak hanya berbicara 5 tahun ke depan, tidak hanya berbicara 10 tahun ke depan. Tapi berbicara 20, 30, atau 50 tahun ke depan," ujarnya.

Jokowi meninjau kondisi hunian warga dan fasilitas umum yang rusak pascabencana dengan didampingi oleh Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Kemudian Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, dan Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo. [ton]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping http://bit.ly/2AsThYC

No comments:

Post a Comment