Pages

Tuesday, January 1, 2019

Xi: Kerja Sama AS-China Jadi Pilihan Terbaik

INILAHCOM, Beijing - Sejarah menunjukkan bahwa kerja sama adalah pilihan terbaik bagi China dan Amerika Serikat, Presiden Cina Xi Jinping mengatakan kepada Presiden AS Donald Trump dalam pesan ucapan selamat pada hari Selasa untuk menandai 40 tahun sejak pembentukan hubungan diplomatik.

Kedua negara sepakat bulan lalu untuk gencatan senjata sementara 90 hari dalam perang perdagangan pahit mereka. Tujuannya untuk memberi mereka waktu untuk mengadakan pembicaraan baru.

Kedua belah pihak mencoba dan mengakhiri perselisihan yang telah menyebabkan mereka menaikkan tarif yang semakin parah pada barang masing-masing.

Dalam pesannya kepada Trump, Xi mengatakan China-AS. hubungan telah mengalami pasang surut tetapi telah membuat kemajuan bersejarah selama empat dekade terakhir, kata kantor berita negara Xinhua.

Ini telah membawa manfaat besar bagi kedua bangsa dan telah memberikan kontribusi besar bagi perdamaian dunia, stabilitas dan kemakmuran, tambah Xi. "Sejarah telah membuktikan bahwa kerja sama adalah pilihan terbaik bagi kedua belah pihak," kata Xi.

Hubungan Tiongkok-AS sedang dalam tahap penting, tambahnya. "Saya sangat mementingkan pengembangan hubungan China-AS dan bersedia bekerja sama dengan Presiden Trump untuk merangkum pengalaman pengembangan hubungan China-AS dan mengimplementasikan konsensus yang telah kami capai dalam upaya bersama untuk memajukan hubungan Cina-AS. menampilkan koordinasi, kerja sama, dan stabilitas sehingga dapat memberi manfaat yang lebih baik bagi kedua bangsa serta orang-orang dari seluruh dunia," katanya seperti mengutip cnbc.com.

Trump mengirim pesan ucapan selamatnya sendiri sebagai balasan, mengatakan itu adalah prioritasnya untuk mempromosikan hubungan AS dan Cina yang kooperatif, tambah Xinhua.

Xi dan Trump juga berbicara melalui telepon selama akhir pekan. Trump mengatakan ia memiliki "panggilan yang panjang dan sangat baik" dengan Xi dan bahwa kemungkinan kesepakatan perdagangan antara Amerika Serikat dan Cina mengalami kemajuan dengan baik.

China dan Amerika Serikat telah membuat rencana untuk konsultasi tatap muka mengenai perdagangan pada Januari, kata Kementerian Perdagangan China pekan lalu.

Xinhua, dalam komentarnya, mengatakan bahwa wajar jika kedua negara akan memiliki ketidaksetujuan dan menghadapi masalah, mengingat "sistem sosial yang berbeda, jalur pembangunan dan latar belakang sejarah dan budaya."

"Pada saat dunia sedang mengalami perubahan besar yang belum pernah terjadi sebelumnya dan penuh dengan risiko dan ketidakpastian, komunitas global mengharapkan kolaborasi yang lebih erat antara kedua ekonomi terbesar," katanya.

Tahun ini menandai serangkaian peringatan sensitif untuk China, termasuk, pada Juni, 30 tahun sejak penumpasan berdarah terhadap demonstran pro-demokrasi di dan sekitar Lapangan Tiananmen Beijing.

Pada hari Rabu, Xi akan tampil pertama kali di depan umum pada acara yang berkaitan dengan hari jadi, memberikan pidato tentang Taiwan yang memerintah sendiri, yang diklaim Cina sebagai wilayah keramatnya, pada peringatan 40 tahun pernyataan kebijakan utama yang menyebabkan pencairan hubungan. dengan pulau itu.

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping http://bit.ly/2C3RYiT

No comments:

Post a Comment