Pages

Sunday, March 17, 2019

Erupsi Gunung Agung, Penerbangan Tetap Normal

INILAHCOM, Denpasar - Meski Gunung Agung Bali mengalami erupsi dengan tinggi awan panas hingga 3,7 KM, Penerbangan dari dan ke Bandara Ngurah Rai Bali belum terganggu.

Meski begiru, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub meminta semua pihak untuk waspada dan tetap mengutamakan keselamatan, khususnya penerbangan.

"Kami mendapatkan laporan bahwa Gunung Agung mengalami erupsi kembali, untuk itu saya menginstruksikan agar seluruh pihak terkait agar tetap waspada dan berhati hati, semua pemangku kepentingan penerbangan harus saling bersinergi dan berkoordinasi untuk dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti, Minggu (17/3/2019).

Selain itu, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan pihak-pihak lain terkait kebencanaan untuk memantau aktivitas Gunung Agung yang dalam status Level III atau siaga.

"Bandara akan dinyatakan tertutup untuk penerbangan jika memang terdampak, dan kami selalu berkoordinasi dengan semua pihak untuk memberikan informasi terkini," kata Polana.

Sedangkan, Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Bali, Elfi Amir menjelaskan bahwa pengoperasian Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai berjalan normal.

Berdasarkan data yang diperoleh, abu Gunung Agung berada kurang lebih 500 meter di atas puncak (sekitar 3.642 m di atas permukaan laut). Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 5 mm dan durasi sekitar 39 detik.

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2TFkmmV

No comments:

Post a Comment