Pages

Sunday, March 17, 2019

Jokowi Resmikan Pengembangan Pelabuhan Sibolga

INILAHCOM, Tapanuli - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Pengembangan Pelabuhan Sibolga, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Minggu (17/3/2019).

Pelabuhan ini ke depan untuk lalu lintas logistik dan angkutan orang. Peresmian ditandai dengan penekanan tombol dan penandatanganan prasasti. Jokowi menceritakan Pelabuhan Sibolga merupakan pelabuhan yang paling terkenal dulu kala.

"Waktu SD terkenal sekali, Tahun 70-an ngerti semua Pelabuhan Sibolga. Semua anak SD tahu semua," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi berharap dengan diresmikannya pengembangan Pelabuhan Sibolga, bisa membangkitkan kembali fungsi mobilitas barang dan jasa. Jokowi menuturkan dalam membangkitkan fungsi barang dan jasa, pemerintah menambah fasilitas untuk mengakomodir jalur logistik barang dan jasa.

"Saya sambut baik penataan dan pelayanan Pelabuhan Sibolga. Kita tambah fasilitasnya bisa mengakomodir jalur logistik barang dan jas. Kapasitas kontainer yardnya bisa sampai 20 ribu teius setahun meningkat besar sekali, ukuran kapal dulu 2000 GT sekarang sudah sampai ke 6000 GT artinya kapal besar bersandar di sini. Terminal penumpangnya dulu hanya 80 orang sekarang menampung 500 orang, alhamdulilah," kata dia.

Pada tahun 2016, Jokowi juga hadir dalam peletakkan batu pertama pengembangan Pelabuhan Sibolga. Ia mendorong agar ada perekonomian tumbuh di Sibolga.

"Saya hadir di groundbreaking 2016. Selesai saatnya kita bekerja agar makin banyak barang dan jasa bisa gunakan Pelabuhan Sibolga ini. Kita dorong terus agar ekonomi Sibolga dan sekitarnya berkembang lagi," tutur Jokowi.

Untuk diketahui, Pelabuhan Sibolga telah dilengkapi dermaga Multipurpose dengan panjang keseluruhan 153 meter yang memiliki panjang tambatan 405 meter yang mampu disandari empat kapal sekaligus atau maksimal ukuran kapal 6.000 GT, kedalaman kolam 6-7 MLWS dan luas lapangan penumpukan 6.061 m2 yang saat ini dapat menampung petikemas hingga 20.000 TEUs/tahun yang sebelumnya hanya mampu menampung sebanyak 7.000 TEUs/tahun.

Untuk menunjang kualitas dan kecepatan pelayanan bongkar muat, Pelabuhan Sibolga juga didukung dengan peralatan bongkar muat berupa 1 unit Fix Crane dengan kapasitas 40 Ton yang mampu meningkatkan produktivitas bongkar muat dari rata-rata 15 Box/Crane/Hour (BCH) menjadi 25 BCH untuk peti kemas dan general cargo dari 60 ton/jam menjadi rata-rata 120 ton per jam, serta 1 unit reachstaker.

Penataan Terminal Penumpang Pelabuhan Sibolga dengan luas keseluruhan 2.786 m2 mampu menampung sebanyak 500 orang, jumlah yang meningkat jika dibandingkan dengan terminal penumpang lama yang hanya mampu menampung 80 orang.

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2JlIOVB

No comments:

Post a Comment