Pages

Tuesday, March 19, 2019

Kasus TBC Tulang Banyak Ditemukan

INILAHCOM, Jakarta - Tidak hanya kasus Tuberkulosis (TBC) yang menjadi masalah dan menyerang banyak orang. Kasus TBC tulang juga kerap ditemukan.

Menurut Direktur Kesehatan Ditjen Kekuatan Pertahanan, Kemhan, Arie Zakaria, TBC tulang bisa menyerang seseorang hingga menyebabkan kelumpuhan. Hal ini dia temukan ketika seorang pasien tiba - tiba datang mengalami keluhan di tulang punggung.

"Kadang saya temukan juga pasien datang dengan kelumpuhan, karena kebetulan saya ahli ortopedi. Keluhannya sakit tulang punggung, mengiranya digunaguna. Itu TBC tulang. Yang paling banyak TBC tulang menyerang tulang punggung," ujar Arie di acara temu media di kantor Kemenkes RI, Jakarta, Selasa, (19/03/2019).

Jika keadaan TBC tulang menyerang seseorang yang memiliki daya tahan tubuh rendah, pasien tersebut bisa mengalami bongkok hingga kelumpuhan.

"Bisa juga menyerang lutut. Banyak juga di sini. Tetapi kasus until TBC paru masih lebih tinggi dibanding TBC tulang. TBC tulang hanya sekitar 10 persen, kira - kira," ungkapnya.(tka)

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2TXi0z0

No comments:

Post a Comment