Pages

Monday, May 13, 2019

Satgas Diminta Dalami Keteribatan Ratu Tisha

INILAHCOM, Jakarta - Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola Polri diminta mendalami dugaan keterlibatan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Ratu Tisha Destria dalam kasus match fixing (pengaturan skor) pertandingan final antara PSN Ngada dan Perse Ende, di Lapangan Marilonga, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), 9 Agustus 2017 lalu.

"Satgas agar turun tangan mendalami semua yang diduga terlibat, termasuk Sekjen PSSI," ungkap Manajer PSN Ngada Bernard Ferdinad Burah di Jakarta, Sabtu (11/5/2019).

Pertandingan final Liga 3 Putaran Provinsi yang mempertemukan PSN Ngada versus Perse Ende, kata Ferdinand, berakhir dengan skor 0-1. Namun, ia mensinyalir pertandingan itu sengaja dihentikan wasit pada menit ke-59 karena terjadi kericuhan. "Kami menduga kericuhan itu sudah dikondisikan sebelumnya, sehingga pada menit ke-59 pertandingan dihentikan saat posisi PSN Ngada tertinggal 0-1," jelasnya.

Kasus tersebut, kata Ferdinand, ia laporkan ke PSSI seminggu kemudian, yang diterima Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria. PSN Ngada pun mengajukan dua tuntutan kepada Ratu Tisha. Pertama, dilakukan pertandingan ulang. Kedua, Perse Ende didiskualifikasi karena diduga memalsukan umur tiga pemainnya.

"Dalam pertemuan itu Sekjen PSSI berjanji untuk menyelesaikan kasus ini dalam waktu seminggu. Setelah ditunggu, janji itu tinggal janji. Saat dihubungi untuk ditagih janjinya, baik Sekjen PSSI maupun stafnya tak pernah merespons," paparnya.

Usut punya usut, lanjut Ferdinand, ternyata beberapa menit setelah pihaknya diterima Ratu Tisha, pihak pengurus Perse Ende yang notabene anggota DPRD Kabupaten Ngada menemui Sekjen PSSI itu. "Nah, dari situ kami menduga Sekjen PSSI masuk angin. Memang suap itu ibarat kentut, tercium baunya tapi sulit pembuktiannya. Sebab itu, kami minta Satgas mendalami kasus ini," tegasnya.

Dihubungi terpisah, pelatih PSN Ngada Kletus Marselinus Gabhe mengaku memiliki bukti rekaman percakapan telepon dengan salah satu pemain Perse Ende yang menyatakan ada manipulasi data pemain. "Bukti rekaman percakapan itu sudah kami serahkan ke Satgas," ujarnya.

Kletus yang mengaku ikut dalam pertemuan pengurus PSN Ngada dengan Sekjen PSSI itu menduga bukan hanya pertandingan final PSN Ngada versus Perse Ende yang sudah didesain, bahkan turnamen itu sendiri sudah didesain sedemikian rupa agar tim tuan rumah menjadi juara. "Saya punya semua bukti-buktinya," tegasnya sambil mengaku siap bersaksi bila dipanggil Satgas Antimafia Bola.

Sementara itu, hingga berita ini dirilis, Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria belum berhasil dikonfirmasi. Panggilan telepon yang ditujukan kepadanya tidak berjawab. Begitu pun pesan teks yang disampaikan ke nomor teleponnya. [rok]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping http://bit.ly/2LFKdYp

No comments:

Post a Comment