Pages

Monday, May 13, 2019

Apakah Kau Masih Gelisah tentang Rezekimu?

TAKDIR adalah sebagian dari rahasia Allah. Beriman kepada takdir memiliki beberapa manfaat bagi para muslim dan muslimah. Adapun manfaat dari keyakinan tersebut di antaranya:

1. Bebas dari rasa takut dan tidak aman, karena tahu bahwa apa yang ditakdirkan Allah pasti terjadi dan tidak dapat dihindari.

2. Tidak merasa sedih atas segala hal yang luput dan hilang, karena tahu bahwa segala hal hanyalah titipan. Selain itu, percaya seandainya ditakdirkan untuknya, bagaimanapun hal itu tak akan hilang darinya. Sebagaimana Abu Hazim Az-Zahid menjawab ketika ditanya, "Mengapa kamu tidak merasa gelisah terhadap rezekimu?"

Dia menjawab, "Aku tahu bahwa yang menjadi milikku pasti akan datang kepadaku. Sekalipun seluruh dunia berupaya mengambilnya, tidak akan pernah bisa. Dan yang bukan milikku, seandainya aku berupaya dengan kekuatan seluruh penduduk bumi, tidak akan kudapatkan karena Allah menjadikan itu bukan untukku."

3. Tidak muncul kegembiraan yang berlebihan akan hal yang dimiliki seperti harta, anak atau kedudukan, karena tahu bahwa hal itu tidak kekal dan sewaktu-waktu dapat hilang sesuai dengan takdir-Nya

4. Semangat mengamalkan kebaikan yang diperintahkan dan menjauhi segala hal yang dilarang. Jiwa pun menjadi tenang karena tahu bahwa yang ditakdirkan itulah yang akan terjadi, sedangkan yang tidak ditakdirkan tidak akan terjadi.

5. Tahu dan paham benar bahwa musibah yang menimpa diri sesungguhnya akibat dari sebab-sebab yang telah ditakdirkan sehingga berusaha menghindari sebab-sebab yang merugikan dan berpegang pada sebab-sebab yang menguntungkan.

Begitulah manfaat apabila kita mampu mengimani takdir-Nya yang mulia. Semoga kita mampu senantiasa mensyukuri nikmat-nikmat-Nya, sabar atas ujian-Nya serta ridho dengan segala takdir-Nya. [DOS]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping http://bit.ly/2E6ldTT

No comments:

Post a Comment