Pages

Saturday, June 29, 2019

AS-China Sepakat Genjatan Senjata

INILAHCOM, Osaka - Presiden Donald Trump dan Presiden China, Xi Jinping sepakat untuk melakukan gencatan senjata pada hari Sabtu (29/6/2019) dalam perang perdagangan negara mereka selama setahun, mencegah - setidaknya untuk sekarang - peningkatan yang ditakuti oleh pasar keuangan, bisnis dan petani.

Trump mengatakan tarif AS yang ada akan tetap berlaku terhadap impor China sementara negosiasi berlanjut, tetapi tarif tambahan yang dia ancam akan menampar miliaran barang Tiongkok lainnya tidak akan dipicu untuk "waktu sekarang." Dia menambahkan bahwa AS dan China akan restart pembicaraan perdagangan macet, mengatakan, "kita akan bekerja dengan China di mana kita tinggalkan."

Trump berbicara setelah pertemuan panjang dengan Xi di margin KTT Kelompok 20 di Osaka. Presiden AS. menyatakan hubungan dengan China "segera kembali ke jalurnya," tetapi keraguan tetap ada tentang kesediaan kedua negara untuk berkompromi pada solusi jangka panjang.

Gencatan senjata yang nampak melanjutkan pola pembicaraan antara Trump dan Xi, yang memiliki lebih dari satu kali menyatakan persahabatan mereka dan berhenti sejenak pada langkah-langkah proteksionis, hanya untuk melihat negosiasi kemudian dipecah karena rincian pertengkaran.

Sebelas putaran pembicaraan sejauh ini gagal mengakhiri kebuntuan. Amerika Serikat telah mengenakan pajak impor 25% atas produk China senilai US$250 miliar dan mengancam akan menargetkan US$300 miliar lainnya,suatu langkah yang akan memperpanjang tarif untuk hampir semua barang yang dikirimkan Tiongkok ke Amerika Serikat. China telah membalas dengan tarif US$110 miliar pada barang-barang Amerika, berfokus pada produk pertanian dalam tembakan langsung dan menyakitkan pada pendukung Trump di sabuk pertanian AS.

Pertemuan hari Sabtu antara kedua pemimpin adalah inti dari empat hari diplomasi di Asia untuk Trump, yang peluang terpilihnya kembali telah terancam oleh perang dagang yang telah melukai petani Amerika dan menghancurkan pasar global. Ketegangan meningkat setelah negosiasi gagal bulan lalu.

Trump mengatakan pembicaraan dengan Xi berjalan "mungkin bahkan lebih baik dari yang diharapkan."

Duduk di seberang meja panjang yang diapit oleh para pembantunya, kedua pemimpin itu dengan nada optimis hati-hati setelah mereka berpose untuk foto.

"Kami memiliki hubungan yang sangat baik," kata Trump kepada Xi ketika pertemuan dibuka seperti mengutip marketwatch.com. "Tetapi kami ingin melakukan sesuatu yang akan meratakannya sehubungan dengan perdagangan."

Xi, pada bagiannya, menceritakan era "diplomasi ping-pong" yang membantu memulai hubungan AS-Cina dua generasi yang lalu. Sejak itu, katanya, "satu fakta dasar tetap tidak berubah: China dan Amerika Serikat mendapat manfaat dari kerja sama dan kalah dalam konfrontasi."

"Kerja sama dan dialog lebih baik daripada gesekan dan konfrontasi," tambahnya.

Pertemuan dengan Xi adalah satu dari tiga Trump yang terlibat pada hari Sabtu dengan para pemimpin dunia menunjukkan kecenderungan otoriter.

Trump melakukan pertemuan tatap muka pertamanya dengan Mohammed bin Salman di Arab Saudi sejak komunitas intelijen AS menyimpulkan bahwa putra mahkota mengarahkan pembunuhan mengerikan terhadap kolumnis Washington Post dan warga Amerika Jamal Khashoggi tahun lalu.

Trump, yang menyebut Pangeran Mohammed sebagai "teman" -nya, telah lama berupaya untuk meminimalkan peran putra mahkota dalam pembunuhan itu dan enggan mengkritik pembunuhan kritikus kerajaan di sebuah konsulat Saudi di Turki tahun lalu. Trump memandang kerajaan sebagai ujung tombak strategi Timur Tengah AS untuk melawan Iran.

Dalam konferensi pers yang luas setelah KTT, Trump menyebut pembunuhan Khashoggi "mengerikan," tetapi mengatakan Arab Saudi "telah menjadi sekutu yang hebat." Dia menyarankan dia puas dengan langkah-langkah yang diambil negara untuk menuntut beberapa dari mereka yang terlibat , sambil mengklaim bahwa "tidak ada yang sejauh ini menunjuk langsung" ke calon raja Arab Saudi. Pejabat intelijen AS, menyimpulkan bahwa bin Salman setidaknya harus mengetahui plotnya.

KTT itu datang seminggu setelah Trump mundur dari memerintahkan serangan militer terhadap Iran setelah menjatuhkan pesawat mata-mata Amerika, dan saat itu berdiri di ambang melanggar ambang batas pengayaan uranium yang ditetapkan dalam kesepakatan nuklir 2015. Trump mengatakan dia tidak akan meninjau tanggapannya seandainya Iran melampaui batas, tetapi memperingatkan, "Kita tidak bisa membiarkan Iran memiliki senjata nuklir."

Trump juga bertemu Sabtu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, sekutu NATO yang tampaknya dipandang oleh AS sebagai melayang berbahaya menuju lingkup pengaruh Rusia.

Dengan Erdogan, Trump mengatakan para pemimpin akan "melihat solusi yang berbeda" untuk pembelian Turki yang direncanakan dari sistem rudal permukaan-ke-udara S-400 buatan Rusia. Para pejabat AS mengancam akan menghentikan penjualan F-35 Joint Strike Fighter buatan AS ke Turki jika pembelian Rusia dilalui, tetapi Erdogan menyebut itu kesepakatan yang dilakukan.

"Turki telah menjadi teman kita," kata Trump. Dia menyalahkan pemerintahan Obama karena tidak setuju untuk menjual baterai rudal Patriot buatan AS ke Turki, menyebut situasi itu sebagai "kekacauan" dan "bukan kesalahan Erdogan."

Sehari sebelumnya, Trump bertemu dengan Vladimir Putin dari Rusia dan, dengan seringai dan satu jari, dengan bercanda mengatakan kepadanya, "Jangan ikut campur dalam pemilihan." Itu adalah pertemuan pertama mereka karena penasihat khusus menyimpulkan bahwa Rusia secara luas mengganggu Kampanye 2016.

Ditekan pada hari Sabtu tentang apakah dia mendorong masalah ini secara lebih serius secara pribadi, Trump mengatakan dia telah mengangkatnya dengan Putin, menambahkan, "Anda tahu dia menyangkal hal itu, sepenuhnya. Berapa kali Anda bisa membuat seseorang menyangkal sesuatu?"

China dan AS berselisih atas tuduhan pemerintahan Trump bahwa Beijing mencuri teknologi dan memaksa perusahaan asing untuk menyerahkan rahasia dagang. China membantah terlibat dalam praktik semacam itu. AS juga telah mencoba untuk menggalang negara-negara lain untuk memblokir perusahaan telekomunikasi China Huawei dari sistem 5G mereka yang akan datang, memberi perusahaan itu ancaman keamanan nasional dan melarangnya membeli teknologi Amerika.

Trump mengatakan pada hari Sabtu bahwa ia akan mengizinkan perusahaan AS untuk menjual produk mereka ke Huawei, tetapi ia belum bersedia untuk menghapus perusahaan tersebut dari daftar hitam perdagangan.

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2X8fl3e

No comments:

Post a Comment