Pages

Tuesday, June 18, 2019

Harga Minyak Mentah Naik Jelang KTT G20

INILAHCOM, New York - Harga minyak mentah naik lebih dari US$1 per barel pada hari Selasa (18/6/2019) setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan dia akan mengadakan pertemuan luas dengan Presiden China, Xi Jinping di KTT G20 akhir bulan ini.

Ketegangan di Timur Tengah setelah serangan tanker pekan lalu, dengan AS berencana mengirim lebih banyak pasukan ke Timur Tengah, juga memberikan dukungan.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS naik US$1,75, atau 3,4%, menjadi US$53,68 per barel. Minyak mentah berjangka Brent naik US$1,07, atau 1,8%, menjadi US$62,01 per barel.

"Melakukan percakapan telepon yang sangat baik dengan Presiden Xi dari Tiongkok. Kami akan mengadakan pertemuan diperpanjang minggu depan di G-20 di Jepang. Tim kami masing-masing akan memulai pembicaraan sebelum pertemuan kami," tulis Trump.

Pihak China belum mengkonfirmasi pertemuan akan dilakukan. Media pemerintah China mengatakan Xi menyetujui pertemuan itu dan menekankan dalam seruan bahwa perselisihan ekonomi dan perdagangan harus diselesaikan melalui dialog.

"Saat ini, ini adalah pasar yang didorong oleh rumor," kata Gene McGillian, wakil presiden riset pasar di Tradition Energy seperti mengutip cnbc.com. "Ada harapan bahwa jika Anda dapat mencapai resolusi perdagangan, itu akan membantu pertumbuhan ekonomi global dan karenanya permintaan minyak."

Kekhawatiran akan konfrontasi antara Iran dan Amerika Serikat telah meningkat sejak serangan kapal tanker minyak Kamis lalu, yang dituduh Washington terhadap Teheran. Iran membantah terlibat.

Trump mengatakan dia siap mengambil tindakan militer untuk menghentikan Teheran memiliki bom nuklir tetapi dibiarkan terbuka apakah dia akan menyetujui penggunaan kekuatan untuk melindungi pasokan minyak Teluk.

Iran pada hari Senin mengatakan akan melanggar pembatasan yang disepakati secara internasional pada stok uranium yang diperkaya rendah dalam 10 hari, menambahkan bahwa negara-negara Eropa masih punya waktu untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir yang penting.

Bertindak Sekretaris Pertahanan AS Patrick Shanahan mengumumkan pada hari Senin pengerahan sekitar 1.000 tentara ke Timur Tengah untuk apa yang dia katakan adalah tujuan defensif, mengutip kekhawatiran tentang ancaman dari Iran.

Pelaku pasar juga sedang menunggu pertemuan antara Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan produsen lain termasuk Rusia, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC +, untuk memutuskan apakah akan memperpanjang pakta pengurangan pasokan yang berakhir bulan ini.

OPEC dan negara-negara non-OPEC sedang membahas mengadakan pertemuan pada 10-12 Juli di Wina, kisaran tanggal yang diusulkan oleh Iran, sumber OPEC mengatakan pada hari Selasa.

Menteri Energi Rusia Alexander Novak mengatakan pada hari Selasa bahwa terlalu dini untuk membuat keputusan tentang masa depan perjanjian karena ketidakpastian pasar.

Harga minyak telah turun lebih dari 15% dari tertinggi 2019 di bulan April, sebagian karena kekhawatiran akan perang dagang AS-China dan data ekonomi yang mengecewakan.

Stok minyak mentah AS yang tinggi, sebagian karena meningkatnya produksi dalam negeri, juga membebani pasar. Saham komersial berada pada level tertinggi sejak Juli 2017 dan sekitar 8% di atas rata-rata lima tahun untuk tahun ini, menurut data pemerintah pekan lalu.

Setelah dua minggu berturut-turut membangun tak terduga, stok minyak mentah AS diperkirakan turun 2 juta barel pekan lalu, menurut analis yang disurvei oleh Reuters. Data industri akan dirilis pada pukul 4:30 malam, diikuti oleh perkiraan resmi pada hari Rabu.

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping http://bit.ly/2MTVRzm

No comments:

Post a Comment