Pages

Tuesday, November 12, 2019

Energi AS, Dulu Kekurangan Sekarang Melimpah

INILAHCOM, New York - AS telah mengalami transformasi energi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Saat ini pemerintah global menikmati energi Amerika yang melimpah.

Berbicara kepada audiensi di Pameran dan Konferensi Perminyakan Internasional Abu Dhabi (ADIPEC) Selasa (12/11/2019), Frank Fannon, asisten sekretaris negara AS untuk sumber daya energi, mengatakan bahwa evolusi AS menjadi pemimpin global dalam produksi energi menawarkan peluang baru, dan tantangan, kepada konsumen dan produsen di seluruh dunia.

"Pemerintah di seluruh dunia masih berdamai dengan realitas baru ini dan merekonsiliasi implikasinya, ini bisa dimengerti. Pergeseran AS dari kelangkaan ke kelimpahan terjadi dengan kecepatan dan skala yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Fannon seperti mengutip cnbc.com.

"Selama lebih dari 40 tahun, undang-undang AS melarang ekspor minyak tetapi Kongres mencabut larangan pada 2015 dan sektor swasta merespons," kata Fannon, "hari ini, AS adalah produsen terbesar di dunia dan di jalur yang tepat untuk menghasilkan 13 juta barel ( per hari) bulan depan."

Dia juga mencatat bahwa negara tersebut telah berubah dari menjadi eksportir gas alam cair (LNG) ke-15 terbesar di tahun 2016, menjadi eksportir terbesar ketiga saat ini dan mengubah dinamika pasar energi dengan memperkenalkan likuiditas dan pilihan ke pasar. AS adalah produsen energi terbarukan terbesar kedua, Fannon juga menyatakan.

Amerika tentu saja telah mengguncang norma-norma dalam hal produksi dan pasokan energi. Selain dari apa yang disebut "revolusi minyak serpih" yang telah membuatnya menjadi produsen minyak mentah terbesar di dunia, diikuti oleh Rusia dan Arab Saudi, ia juga (dalam waktu beberapa tahun) menjadi salah satu global utama pemain dalam hal ekspor gas alam cair (LNG).

Ledakan dalam produksi energi di negara-negara bagian berarti bahwa pada kuartal keempat 2020, diharapkan menjadi pengekspor energi netto, mengekspor lebih banyak produk-produk energi daripada mengimpornya.

Mencapai status "kemandirian energi" dipandang sebagai tonggak penting bagi suatu negara yang ingin mengurangi ketergantungannya (dan semua implikasi keamanan yang menyertainya) pada produsen eksternal. Ini juga berarti dorongan ekonomi bagi AS, serta potensi kemenangan politik.

Tetapi negara itu masih menghadapi persaingan ketat dari produsen energi lain yang lebih mapan, seperti Rusia. Eropa, misalnya, telah menjadi semacam medan pertempuran antara Washington dan Moskow yang bersaing untuk memasok gas alam ke benua itu.

Dinamika pasar lain yang dipertentangkan AS adalah hubungan yang mapan dan tampaknya memperkuat, antara OPEC dan produsen non-OPEC, Rusia.

Tidak hanya kelompok penghasil minyak yang beranggotakan 14 orang yang dipimpin Arab Saudi memiliki perjanjian dengan Rusia (dan produsen lainnya) untuk mengekang produksi minyak, kedua negara juga telah menyegel investasi energi dan kemitraan dalam beberapa tahun terakhir, yang terbaru ketika Presiden Vladimir Putin mengunjungi Arab Saudi pada bulan Oktober.

Ditanya dari CNBC apakah AS telah meninggalkan kekosongan di Timur Tengah yang ingin diisi oleh negara-negara seperti Rusia, Fannon mengatakan: "Saya sama sekali tidak melihat kevakuman."

Dia mengatakan negara-negara seperti Rusia didorong untuk menutup kesepakatan investasi karena persaingan dari AS.

"Saya tidak terkejut bahwa Rusia ingin sekali berada di wilayah ini, dan di tempat lain. Kita mungkin tidak menyukainya tetapi itu rasional. Apa yang mereka lihat, apakah itu di kawasan ini atau di seluruh dunia, adalah apa yang terjadi pada pasar energi global karena energi AS dan inovasi energi AS," katanya.

"Saya melihat ada perlombaan yang terjadi untuk sampai ke sini dan membuat posisi karena infrastruktur (proyek) ini, proyek energi ini, dapat memiliki cakrawala waktu 50 tahun. Mereka melihat apa yang terjadi dan mereka bergegas untuk mengunci posisi ini karena mereka takut, "katanya.

Diangkat untuk peran oleh Presiden Donald Trump pada Januari 2018, Fannon sebagian besar bertanggung jawab atas diplomasi energi di Departemen Luar Negeri. Dia mengatakan kebijakan energi AS adalah "proxy untuk masalah kebijakan luar negeri lainnya."

"Ini bisa menjadi area yang memfasilitasi kerja sama, terlepas dari mungkin awan sejarah," katanya.

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/33HFyd3

No comments:

Post a Comment