Pages

Thursday, November 21, 2019

Yellen: Tahun Depan Tak Ada Resesi Ekonomi

INILAHCOM, New York - Ketidaksetaraan perekonomian yang telah berkembang selama beberapa dekade merupakan ancaman besar bagi ekonomi AS yang dalam kondisi "sangat baik".

Demikian kata mantan Ketua Federal Reserve Janet Yellen, Kamis (21/11/2019). Pemimpin bank sentral dari 2014 hingga 2018 juga mengatakan perang tarif AS-Tiongkok berdampak buruk baik pada bisnis maupun konsumen melalui harga yang lebih tinggi dan suasana ketidakpastian yang umum.

Sementara dia tidak melihat resesi di cakrawala, dia juga mencatat bahwa risikonya menumpuk. "Saya berani bertaruh bahwa tidak akan ada resesi di tahun mendatang. Tetapi saya harus mengatakan bahwa kemungkinan resesi lebih tinggi dari normal dan pada tingkat yang terus terang, saya tidak nyaman," kata Yellen di World Business Forum seperti mengutip cnbc.com.

Dengan tiga pemangkasan suku bunga tahun ini, masih ada "lingkup yang tidak sebanyak yang saya ingin lihat agar The Fed dapat menanggapi hal itu. Jadi ada alasan bagus untuk khawatir."

Satu bidang tertentu yang ia kutip adalah ketidaksetaraan, khususnya sejauh mana manfaat selama ekspansi terpanjang di sejarah AS sebagian besar telah mengalir ke penghasil top dan mereka yang memiliki tingkat pendidikan pasca-sekolah menengah.

Terlepas dari upaya bank sentral untuk memandu perekonomian, Yellen mengutip "tren jangka panjang yang sangat mengkhawatirkan di mana Anda memiliki bagian yang sangat besar dari tenaga kerja AS yang merasa seperti mereka tidak maju. Itu benar, mereka tidak maju."

"Ini adalah masalah ekonomi yang serius dan masalah sosial karena itu berarti keuntungan dari sistem ekonomi kita tidak dibagikan secara luas," tambahnya. "Ini membuat orang pada akhirnya merasa bahwa ekonomi tidak bekerja untuk mereka, rasa ketidakpuasan sosial yang sangat mengganggu."

Perang dagang yang diprakarsai oleh Presiden Donald Trump tidak membantu, tambahnya.

Selama satu setengah tahun terakhir, AS dan China telah melontarkan tarif bolak-balik pada milyaran barang sebagai bagian dari upaya Gedung Putih untuk meningkatkan level lapangan bermain global dan menghentikan pencurian teknologi dan kekayaan intelektual.

"Saya tidak melihat tanda-tanda bahwa itu telah berhasil dalam membalikkan tren ini," katanya tentang aksi perdagangan proteksionis.

"Tarif ini adalah pajak konsumen dan bisnis Amerika. Ini menjadikannya lebih sulit dan lebih mahal untuk melakukan bisnis, untuk mengendalikan biaya, dan konsumen melihat harga yang lebih tinggi darinya."

Yellen juga mengakui beban yang beberapa kebijakan Fed sendiri, seperti suku bunga rendah secara historis, dikenakan pada orang Amerika.

Dia ingat pernah menerima email dari orang-orang yang mencoba menabung untuk masa pensiun tetapi dihukum oleh suku bunga rendah.

The Yellen Fed mempertahankan suku bunga jangka pendek mendekati nol yang mulai berlaku selama dan setelah krisis keuangan. Dia mengawasi hanya dua kenaikan suku bunga dan awal pengurangan obligasi yang dipegang The Fed pada neraca, produk dari upaya stimulus selama dan setelah krisis.

"Beberapa catatan yang paling mengganggu datang dari orang-orang yang mengatakan, 'Saya bekerja dan saya bermain sesuai aturan dan saya menabung untuk pensiun dan saya punya uang di bank, dan Anda tahu, saya sama sekali tidak mendapatkan apa-apa," kenang Yellen. "Penabung mendapatkan hukuman. Itu benar."

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2D85CCc

No comments:

Post a Comment