Pages

Sunday, January 5, 2020

TNI Temukan Turis Australia Yang Hilang Di Hutan

INILAHCOM, Kalimantan - Personel Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 303/SSM Kostrad, berhasil menemukan wisatawan asal Australia, Stephen Leonard Camkin, yang hilang selama sepekan di Hutan Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara).

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 303/SSM, Letkol Inf Taufik Ismail mengungkapkan, Stephen bersama Mukhtar, pemandunya ditemukan dalam kondisi drop karena kehabisan logistik serta cuaca yang ekstrem di hutan Kalimantan.

"Keduanya sempat dilaporkan hilang di hutan kawasan Long Tua, Desa Apauping, Kecamatan Bahau Ulu, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara. Kami menerjunkan personel untuk melakukan pencarian berdasarkan keterangan posisi terakhir keduanya hilang kontak," kata Taufik dalam keterangannya, Minggu (5/1/2020).

"Keduanya ditinggalkan rombongan dengan dibekali logistik yang terbatas. Kurang lebih seminggu mereka tersesat di dalam hutan, sebelum akhirnya ditemukan anggota kita," sambungnya.

Kabar adanya seorang wisatawan dan seorang tour guide hilang di dalam hutan berawal dari informasi yang diterima Komandan SSK I Pos Apauping Satagas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 303/SSM Kostrad, Lettu Inf Suhendra dari Kepala Desa Apauping.

Selanjutnya beberapa personel Satgas di bawah pimpinan Serda Satria Situmorang bersama warga lainnya langsung melakukan pencarian pada Kamis 2 Januari 2020.

Setelah informasi itu, anggota bersama warga langsung melakukan pencarian. Anggota masuk ke dalam hutan dan menyisir sekitaran Sungai Bahau.

"Keduanya berhasil ditemukan di Hulu Sungai Bahau dalam kondisi lemah dan dievakusi tim kami ke kediaman Kepala Desa Apauping sekaligus untuk memulihkan kondisi mereka. Terkait warga Australia tersebut, kami laporkan ke aparat terkait untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut," pungkasnya.

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/36rg0SN

No comments:

Post a Comment