Pages

Saturday, February 1, 2020

Azis: Umat Muslim Dunia Komitmen Cegah Terorisme

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin menilai perlu ada komitmen dunia untuk memerangi aksi dan tindakan terorisme.

Pernyataan tersebut disampaikan Azis Syamsuddin saat menghadiri konferensi Parliamentary Union of the OIC Member States (PUIC) XV/2020 di Parlemen Burkina Faso, Jumat, (31/1).

"Saya berkeyakinan apapun alasanya Islam tidak mengajarkan aksi teror," jelas Azis.

Dia berharap PUIC khususnya negara-negara muslim terus mencari solusi dalam memerangi terorisme. "Satu hal yang pasti bahwa terorisme membutuhkan motif ideologi untuk membenarkan tindakan para pelaku terorisme," paparnya.

Dia menegaskan akar terorisme tidak tunggal. Namun, sejumlah kajian dan studi pakar terorisme menunjukkan, akar utama lahirnya terorisme ketidakadilan ekonomi, sosial dan politik.

"Parlemen dituntut berkontribusi nyata dalam mewujudkan keadilan sosial, kebebasan Hak Asasi Manusia (HAM) dan kesejahteraan di level nasional, kawasan dan global," tegas Azis.

Jumlah umat muslim di dunia ada sekitar 22 persen dari populasi manusia dan punya pemerintahan di 57 negara. Namun, sayangnya tidak satu pun negara muslim di dunia memegang hak veto di PBB sehingga ke depan dirasa perlu untuk mengkuatkan soliditas antar negara muslim agar memiliki kekuatan politis di PBB. [rok]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/3b3MWn6

No comments:

Post a Comment