Pages

Monday, October 1, 2018

Bos BPS Pede Target Inflasi Tahun Ini Tercapai

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kecuk Suhariyanto optimistis target inflasi yang ditetapkan pemerintah pada tahun ini sebesar 3,5% dapat tercapai sesuai target.

Keoptimisan tersebut kata kecuk dapat terlihat pada bulan September 2018 telah terjadi deflasi sebesar 0,18%, sehingga inflasi tahun kalender 2018 saat ini sebesar 1,94%.

"Kita masih punya tiga bulan, inflasi akan terkendali sehingga target 3,5% bisa terpenuhi," kata Kecuk di Kantornya, Senin (1/10/2018).

Meski begitu, kata Kecuk tantangan selama 3 bulan yang akan datang ini tetap akan ada, seperti adanya momen Natal dan libur akhir tahun dimana harga-harga kebutuhan pokok akan naik, seperti pangan dan tiket transportasi.

"Biasa, permintaan bahan makanan alami kenaikan karena natal, tahun baru dan liburan. Tapi sampai akhir tahun terkendali," katanya.

Tak hanya itu keoptimisan lain yang membuat Kecuk tenang adalah soal perkembangan inflasi sepanjang tahun ini yang jauh lebih rendah ketimbang tahun sebelumnya.

"Jadi sekali lagi dengan deflasi 0,18%, yoy 2,88% kita harapkan 3 bulan ke depan tetap terkendali," imbuh Kecuk dengan nada penuh optimistis. [jin]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2xOtglb

No comments:

Post a Comment