Pages

Friday, November 30, 2018

Cari Tahu Penyebab Infertilitas

INILAHCOM, Jakarta - Memiliki keturunan setelah menikah tentu menjadi dambaan semua pasangan suami istri.

Namun tidak semua pasangan dikaruniai anak dalam waktu singkat, bahkan bisa tidak sama sekali. Kondisi ini disebut infertilitas atau ketidaksuburan, yaitu suatu keadaan dimana belum terjadi kehamilan meski tidak menggunakan kontrasepsi apapun dan telah melakukan hubungan seksual secara teratur selama 6 bulan sampai 1 tahun.

Infertilitas biasanya tergantung pada penyebab utamanya yang perlu dicari tahu sebelum dokter kebidanan dan kandungan dapat memberikan rekomendasi untuk program kehamilan.

"Sebelum menentukan jenis program kehamilan yang akan dilakukan, perlu dipastikan terlebih dahulu apa penyebab sulit hamil tersebut. Memang tidak semua dapat dijelaskan penyebabnya. Sekitar 20 persen yang tidak diketahui penyebabnya, disebut sebagai "unexplain infertility", ujar konsultan obstetri dan ginekologi dengan subspesialisasi fertilitas Siloam Hospitals Kebon Jeruk Dr. med. Ferdhy Suryadi Suwandinata, Sp.OG(K-FER), Jakarta, baru - baru ini.

Infertilitas pada perempuan dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti faktor hormonal, gangguan pematangan sel telur, endometriosis, miom, kista, tumor, bahkan kanker.

Sangat disarankan untuk segera memeriksakan diri dan melakukan konsultasi dengan dokter kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan rekomendasi pengobatan dan prosedur yang tepat dan efektif.

"Hal ini penting dilakukan untuk dapat meminimalkan perkembangan maupun efek dari penyebab infertilitas yang disebutkan di atas terutama pada kasus endometriosis," tambahnya.(tka)

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2FMhgqv

No comments:

Post a Comment