Pages

Friday, December 14, 2018

Biasanya Orang Ganti Nama Itu Pakai Anting

INILAHCOM, Jakarta - Budayawan Ridwan Saidi menilai pergantian nama Mulyono menjadi Joko Widodo (Jokowi) harus disampaikan secara lengkap dan utuh.

Menurut dia, orang Jawa yang keberatan nama hingga diganti bakal memakai anting-anting di telinganya.

"Kan mestinya kalau anak keberatan nama pakai anting-anting sebelah kalau dulu, sebelah kanan dia pakainya. Itu biasanya dipakai sampai akil baligh," kata Ridwan Saidi kepada INILAHCOM, Jumat (14/12/2018).

Ridwan Saidi mengaku tidak tahu apakah Jokowi telinganya berlubang akibat tindikan anting-anting atau tidak.

"Saya tidak memperhatikan lubang kuping orang, gak ada kerjaan apa saya. Biasanya itu dia pakai anting-anting, jadi dia harus lengkapi bukunya itu, dia juga pakai anting-anting sebelah, ujarnya.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku lahir dengan nama Mulyono. Jokowi lahir pada Juni 1961 di Rumah Sakit Brayat Minulyo, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

"Tapi, nama itu tak terlalu lama saya miliki karena orang tua saya segera mencarikan nama baru ketika saya berulang kali sakit," kata Jokowi dalam buku Jokowi Menuju Cahaya karya Alberthiene Endah.

Jokowi mengatakan ada kepercayaan dalam masyarakat Jawa bahwa anak yang sakit-sakitan perlu berganti nama. Kemudian, nama Mulyono pun diganti dengan Joko Widodo.

"Boleh tidak percaya, saya kemudian tumbuh sehat. Itu misteri," katanya. [rok]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/2A8d939

No comments:

Post a Comment