Pages

Wednesday, January 2, 2019

Jaga Asupan Makanan, Hindari Diabetes

INILAHCOM, Jakarta - Diabetes adalah salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Penyakit Diabetes Melitus (DM) memiliki sifat Silent Killer.

Mengutip dari boldsky, Rabu, (02/01/2018), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa diabetes akan menjadi penyebab kematian nomor tujuh pada tahun 2030. Lantas, bagaimana menjalani hidup yang panjang dan sehat dengan diabetes.

Apa itu diabetes? Diabetes adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pankreas tidak menghasilkan cukup insulin atau ketika tubuh tidak dapat secara efektif menggunakan insulin yang dihasilkannya.

Kadar gula darah tinggi atau hiperglikemia sering terjadi dan menyebabkan kerusakan serius pada banyak sistem tubuh terutama pembuluh darah dan saraf.

Penyebab Diabetes Untuk memahami diabetes, Anda harus terlebih dahulu memahami cara kerja insulin dalam tubuh.

Apa itu insulin? Ini adalah hormon yang disekresikan oleh sel pulau pankreas ke dalam aliran darah. Insulin kemudian bersirkulasi, sehingga memungkinkan gula untuk masuk ke sel Anda dan menurunkan jumlah gula dalam aliran darah Anda.
Ketika ada kekurangan dalam jumlah insulin yang diproduksi atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan benar, itu menyebabkan diabetes.

Ada empat jenis diabetes - diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, prediabetes dan diabetes gestasional.

Diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh tidak memproduksi cukup insulin. Tubuh memecah karbohidrat menjadi glukosa darah yang memberi Anda energi dan hormon insulin dibutuhkan oleh tubuh untuk mendapatkan glukosa dari aliran darah ke dalam sel-sel tubuh.

Diabetes tipe 1 dikatakan mengurangi harapan hidup setidaknya 20 tahun, menurut Diabetes UK.

Dalam kasus diabetes tipe 2, tubuh Anda tidak dapat menggunakan insulin dengan benar yang disebut sebagai resistensi insulin. Pankreas memproduksi insulin ekstra untuk menebusnya, tetapi seiring waktu, itu tidak dapat membuat cukup insulin untuk menjaga glukosa darah Anda pada tingkat normal.

Menurut Diabetes UK, diabetes tipe 2 secara kasar mengurangi harapan hidup hingga 10 tahun. Orang dengan diabetes tipe 2 biasanya memiliki prediabetes dan kadar glukosa darahnya lebih tinggi dari kadar normal.

Pada tahap prediabetes, beberapa kerusakan pada sistem peredaran darah dan jantung telah terjadi. Diabetes gestasional berkembang selama kehamilan dan lenyap setelah melahirkan. Jenis diabetes ini dapat terjadi pada setiap tahap kehamilan.(tka)

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping http://bit.ly/2ArVjs1

No comments:

Post a Comment