Pages

Thursday, January 31, 2019

Kebutuhan Kalori untuk Ibu Hamil dan Menyusui

INILAHCOM, Jakarta - Kebutuhan kalori pada Ibu hamil perhari meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan.

Menurut dr. Riani F. Suganda, M.Kes, SpGK, pada trimester pertama, kebutuhan kalori pada Ibu hamil mencapai 1500 + 100 kalori. Kemudian, pada trimester kedua, 1500 + 300 kalori.

"Mungkin dengan makan dua gorengan sudah terpenuhi kalorinya. Tapi, apakah itu yang dibutuhkan? Ternyata, itu tidak mencukupi asupan kalori yang sesungguhnya. Ibu hamil tetap membutuhkan karbohidrat, protein, dan lemak. Ini gunanya untuk perkembangan janin dan organ di dalam janin," kata Riani saat ditemui di acara Teman Bumil, Jakarta, Kamis, (31/01/2019).

Kemudian untuk trimester tiga, asupan kalori yang dibutuhkan adalah 1500 + 300 kalori. Kebutuhan itu semakin meningkat ketika Ibu harus menyusui anak. Sekitar 1500 + 600 kalori. Ini bisa dua kali lipat kebutuhan kalorinya.

"Jadi tidak ada alasan ketika sibuk mengurus bayi baru lahir dan tidak punya waktu untuk makan. Karena, Ibu menyusui perlu asupan protein dan mineral untuk memproduksi Air Susu Ibu (ASI)," tambahnya.

Banyak kasus yang ditemukan, ketika seorang Ibu sibuk mengurus anak, dia tidak memperhatikan asupan makanan yang bergizi.

"Ada yang asal saja, makan nasi pakai telor ceplok, tambah kerupuk dan sambal. Selesai. Itu tidak mencukupi kandungan gizi seimbang," ujarnya.(tka)

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping http://bit.ly/2sYURx8

No comments:

Post a Comment