Pages

Thursday, February 14, 2019

Disabilitas Bakal Didampingi Saat Pileg 2019

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menyiapkan template huruf braille khusus penyandang disabilitas di surat suara Pemilu 2019.

Hal itu dilakukan agar mereka dapat menggunakan template untuk menentukan pilihannya.

"Khsus disabilitas ada template huruf braille untuk surat suara Pilpres dan DPD," kata Biro Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU Nur Syarifah, Kamis (14/2/2019).

Sementara itu, untuk Pemilihan Legislatif 2019, khususnya DPR RI dan DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota tidak menggunakan template huruf braille. Untuk itu, para disabilitas dapat menggunakan pendamping disaat pencoblosan di Tempat Pemilihan Suara (TPS).

"Mereka bisa menggunakan pendamping ketika nyoblos di TPS, mereka bisa menggunakan pendamping ke bilik suara," jelasnya.

Sementara itu untuk alasan mengapa kuhusus DPR RI dan DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota tidak menggunakan template huruf braille lantaran jumlahnya tergolong banyak.

"Ada 16 partai. DPR RI ada 80 dapil dprd provinsi sekitar 272, kemudian ada DPRD Kabupaten/Kota seluruh indonesia ada 2207 Dapil, berarti harus ada template sebanyak itu. Itu kali jumlah TPS, ada sekitar 809.500 TPS, maka menjadi angka yang besar sekali dari sisi anggaran," pungkasnya. [ton]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping http://bit.ly/2SWRFko

No comments:

Post a Comment