Pages

Tuesday, June 25, 2019

Bursa Saham Asia sudah Bergerak Variatif

INILAHCOM, Tokyo - Bursa saham di Asia jatuh pada hari Rabu pagi (26/6/2019) setelah Ketua Federal Reserve AS, Jerome Powell marah ekspektasi untuk penurunan suku bunga potensial.

Nikkei 225 di Jepang turun 0,46% di perdagangan sore, dengan saham kelas berat indeks Fast Retailing dan Softbank Group tergelincir. Indeks Topix juga turun 0,4%.

Di Korea Selatan, indeks Kospi menelusuri kembali kerugian sebelumnya untuk diperdagangkan di dekat flat. Sementara indeks ASX 200 Australia tergelincir 0,11%.

Pasar daratan Tiongkok juga berjuang untuk mendapatkan keuntungan. Komposit Shanghai turun 0,16% sementara komposit Shenzhen relatif datar. Di bursa Hong Kong, indeks Hang Seng sedikit berubah karena turun 0,04%.

Di Amerika Serikat, Dow Jones Industrial Average berakhir sekitar 179 poin lebih rendah pada 26.548,22 - kerugian satu hari terbesar sejak 31 Mei. S&P 500 juga ditutup sekitar 0,95% lebih rendah pada 2.917,38, sementara Nasdaq Composite turun 1,51% menjadi ditutup pada sekitar 7.884,72.

Pergerakan di Wall Street terjadi ketika Powell mengatakan bank sentral AS sedang menilai apakah ketidakpastian ekonomi saat ini menuntut suku bunga yang lebih rendah. Powell mencatat bahwa Fed akan mengambil pendekatan menunggu dan melihat mengingat seberapa cepat perubahan ekonomi baru-baru ini terjadi. Tetapi menambahkan bahwa Fed terisolasi dari kepentingan politik jangka pendek.

Seorang ahli strategi mengatakan komentar Powell telah meninggalkan pasar "tidak ada yang lebih bijaksana dalam hal apakah Fed akan memulai siklus pelonggaran baru pada akhir Juli."

"Sementara kata 'sabar' dijatuhkan dalam pernyataan (Komite Pasar Terbuka Federal), tampaknya Powell masih menunggu dan melihat mode yang mencatat bahwa banyak hal akan bergantung pada data yang masuk dan khususnya risiko jangka pendek (yang kami berarti diskusi perdagangan yang akan datang)," tulis Rodrigo Catril, ahli strategi valuta asing senior di National Australia Bank, dalam sebuah catatan.

Sementara itu, investor melihat ke arah perkembangan di front perdagangan AS-China, dengan presiden Donald Trump dan Xi Jinping akan bertemu di KTT G-20 akhir pekan ini.

"Kita setidaknya harus berakhir dalam situasi di mana AS dan China setidaknya berbicara satu sama lain," Manpreet Gill, kepala strategi pendapatan tetap, mata uang dan strategi investasi komoditas di Standard Chartered Private Bank, seperti mengutip cnbc.com.

Mengenai masalah kesepakatan potensial yang dicapai, Gill mengatakan "mungkin terlalu jauh" mengingat "seberapa jauh" kedua pihak saat ini.

"Dimulainya kembali dialog, dimulainya kembali untuk setidaknya mulai berbicara tentang beberapa masalah yang lebih sulit, kami pikir akan cukup untuk pasar setidaknya mengambil hasil ini secara positif," katanya.

Indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap sekeranjang rekan-rekannya, berada di 96,144 setelah naik dari level di bawah 96,0 kemarin.

Yen Jepang diperdagangkan pada 107,16 melawan dolar setelah menyentuh level di bawah 107,1 pada sesi sebelumnya. Dolar Australia berpindah tangan pada $ 0,6963, terus bergerak ke atas dari level di bawah $ 0,685 yang terlihat pekan lalu.

Harga minyak melonjak pada pagi hari jam perdagangan Asia, karena patokan internasional kontrak berjangka minyak mentah Brent melonjak 1,41% menjadi US$65,97 per barel, sementara minyak mentah AS melonjak 2,01% menjadi US$58,99 per barel.

Pergerakan itu terjadi ketika hubungan AS-Iran tetap tegang menyusul pengumuman tarif baru oleh Washington di Teheran setelah Iran menjatuhkan drone Amerika tak berawak pekan lalu.

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping https://ift.tt/31MLi4u

No comments:

Post a Comment