Pages

Friday, June 14, 2019

Harga Minyak Mentah Lanjutkan Penguatan

INILAHCOM, New York - Harga minyak mentah naik pada hari Jumat (14/6/2019) setelah serangan terhadap dua kapal tanker minyak di Teluk Oman pekan ini meningkatkan kekhawatiran tentang potensi gangguan pasokan.

Tetapi harga tetap di jalur untuk kerugian mingguan karena kekhawatiran bahwa sengketa perdagangan akan mengurangi permintaan minyak global.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS menetap 23 sen lebih tinggi pada US$52,74. Minyak mentah berjangka Brent naik 70 sen, atau 1,1%, menjadi US$62,01 per barel.

Futures secara singkat memperpanjang kenaikan pada hari Jumat ketika kapal cepat militer Iran di Teluk Oman mencegah dua kapal tunda milik pribadi dari penarik salah satu kapal tanker minyak.

Serangan di dekat Iran dan Selat Hormuz mendorong harga minyak sebanyak 4,5% pada hari Kamis.

Ini adalah kedua kalinya dalam sebulan tanker diserang di zona terpenting dunia untuk pasokan minyak karena ketegangan meningkat antara Amerika Serikat dan Iran. Washington menyalahkan Iran atas serangan Kamis, mendorong penolakan dan kritik dari Teheran.

"Serangan kemarin terhadap kapal tanker Jepang dan Norwegia di Teluk Oman menggarisbawahi tingkat risiko keamanan yang berasal dari krisis Iran dan sulitnya mencapai jalur diplomatik selama sanksi AS yang melumpuhkan tetap ada," kata bank RBC seperti mengutip cnbc.com.

Namun, Brent berada di jalur untuk mencatat penurunan mingguan lebih dari 1,5% dan minyak mentah AS turun 2,7% pada pekan ini.

"Prospek permintaan yang memburuk menahan harga, meskipun ada ketegangan ini," kata John Kilduff, mitra di Again Capital di New York.

Perlambatan kondisi ekonomi telah memakan pertumbuhan permintaan, membayangi ketegangan yang sedang berlangsung antara AS dan Iran, kata Kilduff. Akibatnya, harga mungkin terjebak dalam pola holding. "Kami menemui jalan buntu di sini."

Badan Energi Internasional memangkas perkiraan pertumbuhan permintaan untuk 2019 sebesar 100.000 barel per hari menjadi 1,2 juta barel per hari, mengutip prospek yang memburuk untuk perdagangan dunia.

Namun, agen yang berbasis di Paris itu mengatakan pihaknya memperkirakan pertumbuhan permintaan akan naik menjadi 1,4 juta barel per hari untuk tahun 2020.

Pada hari Kamis OPEC memangkas perkiraan 2019 untuk pertumbuhan permintaan minyak global bahkan lebih rendah dari IEA, menjadi 1,14 juta barel per hari.

Di sisi pasokan, sanksi AS terhadap Iran dan Venezuela, pakta pemangkasan produksi oleh OPEC plus sekutunya, berperang di Libya dan serangan terhadap tanker di Teluk Oman hanya menambah ketidakpastian pasokan, kata IEA.

Peningkatan pasokan AS, serta keuntungan dari Brasil, Kanada, dan Norwegia, akan berkontribusi pada peningkatan pasokan non-OPEC sebesar 1,9 juta barel per hari tahun ini dan 2,3 juta barel per hari pada tahun 2020.

Perusahaan energi AS mengurangi jumlah rig minyak yang beroperasi selama dua minggu berturut-turut, dengan pertumbuhan produksi negara itu diperkirakan melambat karena harga minyak mentah turun mendekati level terendah tahun ini dan sebagian besar pengebor memangkas pengeluaran.

Pengebor memotong satu anjungan minyak dalam seminggu hingga 14 Juni, sehingga jumlah totalnya turun menjadi 788, masih yang terendah sejak Februari 2018, kata perusahaan jasa energi General Electric Co Baker Hughes dalam laporan yang diikuti dengan cermat pada Jumat.

Ketegangan di Timur Tengah telah meningkat sejak Presiden AS Donald Trump menarik diri dari pakta nuklir multinasional 2015 dengan Iran dan menerapkan kembali sanksi, terutama yang menargetkan ekspor minyak Teheran.

Iran, yang menjauhkan diri dari serangan sebelumnya, mengatakan tidak akan takut dengan apa yang digambarkannya sebagai perang psikologis.

Militer AS kemudian merilis video yang katanya menunjukkan Pengawal Revolusi Iran mengeluarkan tambang yang tidak meledak dari sisi kapal tanker minyak milik Jepang.

Dalam sebuah pernyataan pada Kamis malam, misi Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan Teheran "dengan tegas menolak klaim tidak berdasar AS sehubungan dengan insiden kapal tanker minyak 13 Juni dan mengutuknya dalam kondisi sekuat mungkin."

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping http://bit.ly/2WLAKDM

No comments:

Post a Comment