Pages

Thursday, June 13, 2019

Harga Minyak Mentah Tetap Naik 4%

INILAHCOM, New York - Harga minyak naik sebanyak 4% pada hari Kamis (13/6/2019) setelah serangan terhadap dua kapal tanker di lepas pantai Iran yang memperbaharui ketakutan akan konflik di Timur Tengah setelah serangkaian pemogokan bulan lalu.

Kapal mengalami kerusakan yang signifikan dan kru mereka telah dievakuasi, menurut agen pengiriman dan sumber penyewaan. Serangan terjadi di Teluk Oman, dekat Selat Hormuz, jalur laut tersibuk di dunia untuk pengiriman minyak.

Tidak segera jelas siapa yang bertanggung jawab atas serangan itu, tetapi mereka terjadi dengan latar belakang ketegangan yang meningkat di Timur Tengah dan antara AS dan Iran. Kepemimpinan Iran telah berulang kali mengancam akan memblokir lalu lintas di Selat Hormuz sebagai balasan atas sanksi AS terhadap Republik Islam.

Minyak mentah berjangka sempat melonjak kembali di atas 3% setelah Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyalahkan Iran atas serangan itu.

Minyak mentah antara West Texas Intermediate AS menetap US$1,14 lebih tinggi pada US$52,22, naik 2,2% pada hari setelah naik di US$53,45 pada awal sesi.

Minyak mentah Brent, patokan internasional untuk harga minyak, naik US$1,34, atau 2,2%, menjadi US$61,31 per barel. Brent sebelumnya naik setinggi US$62,64.

Sebelumnya Kamis, harga minyak jatuh ke posisi terendah lima bulan, melanjutkan penurunan tajam yang dipicu oleh kekhawatiran bahwa perang perdagangan AS-China akan memperlambat pertumbuhan global dan mengurangi permintaan bahan bakar. Pada hari Rabu, minyak mentah berjangka turun 4% di tengah kekhawatiran permintaan yang sedang berlangsung dan lompatan besar lainnya dalam stok minyak mentah AS.

OPEC pada hari Kamis memangkas perkiraan untuk pertumbuhan permintaan minyak pada 2019 karena kelompok produsen 14 negara memompa pada level terendah dalam lima tahun.

Namun serangan di Teluk Oman memperbaharui kekhawatiran geopolitik yang sebagian besar telah berkurang dalam beberapa pekan terakhir.

"Ini adalah jenis berita utama mimpi buruk yang tidak perlu Anda bangunkan," John Kilduff, mitra pendiri pada hedge fund energi Again Capital, seperti mengutip cnbc.com.

Iran menjadi tuan rumah bagi Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe untuk kunjungan dua hari yang bertujuan meredakan ketegangan antara Teheran dan Washington. Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif berbicara mengenai insiden Kamis di Twitter, menulis, "Mencurigakan tidak mulai menggambarkan apa yang mungkin terjadi pagi ini."

Angkatan Laut Iran sedang menyelidiki insiden itu, menurut kantor berita milik pemerintah IRNA. Awak di atas salah satu kapal, Front Altair, pada awalnya dijemput oleh kapal terdekat, tetapi dipindahkan ke kapal penyelamat Iran dan dibawa ke pelabuhan di Iran selatan, menurut IRNA.

Awak di atas kapal lain, Kokuka Courageous, dibawa ke atas AS Bainbridge, Associated Press melaporkan. Kapal-kapal angkatan laut AS memberikan bantuan setelah pasukan di wilayah tersebut menerima dua panggilan marabahaya yang terpisah, kata Armada Kelima Angkatan Laut AS di Bahrain.

Rincian insiden masih muncul pada hari Kamis dari perusahaan yang memiliki, mengelola dan menyewa kapal.

Tanker kimia Kokuka Courageous lambungnya mengalami kerusakan setelah dilanggar di atas garis air selama "dugaan serangan," lapor Reuters, mengutip manajemen Kapal Bernhard Schulte yang berbasis di Siprus. Kapal tanker itu sarat dengan muatan metanol di Arab Saudi dan sedang dalam perjalanan ke Singapura.

Seorang perwakilan untuk kantor BSM Singapura mengatakan 21 awak telah meninggalkan kapal karena "insiden keamanan," yang merusak lambung kanan kapal. Mereka dengan cepat diselamatkan dari sekoci oleh kapal terdekat, menurut juru bicara perusahaan.

"Kokuka berani tetap berada di area itu dan tidak dalam bahaya tenggelam. Kargo metanol masih utuh, "kata juru bicara itu dalam sebuah pernyataan.

Kapal itu kira-kira 14 mil laut di lepas pantai Iran dan 70 mil laut dari pantai Fujairah Uni Emirat Arab, yang merupakan tempat dugaan serangan sabotase terhadap empat kapal tanker pada pertengahan Mei yang oleh pihak berwenang AS menyalahkan Iran. Iran membantah terlibat.

Front Altair, yang disewa oleh CPC Corp milik negara Taiwan, dijadwalkan untuk membawa muatan naptha, bahan baku petrokimia, dari Teluk Persia ke Jepang, kata Platts.

Presiden Kokuka Sangyo Yutaka Katada mengatakan kepada wartawan bahwa Kokuka telah dipukul dua kali dalam tiga jam sebelum seluruh kru dievakuasi. Perusahaan pertama kali menerima laporan serangan sekitar 0400 GMT, katanya kepada wartawan.

Operasi Perdagangan Maritim Britania Raya, sebuah divisi dari Angkatan Laut Kerajaan Inggris, mengatakan saat ini sedang menyelidiki insiden tersebut dan telah mendesak "kehati-hatian ekstrem" di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan AS.

Di daerah yang bertanggung jawab atas pengiriman sepertiga dari minyak laut di dunia, ketakutan tersebar luas bahwa kesalahan perhitungan atau provokasi lebih lanjut dapat menyebabkan konflik habis-habisan. Namun, baik Iran dan AS bersikeras bahwa mereka tidak menginginkan perang atau eskalasi.

Serangan itu terjadi dengan latar belakang kebuntuan pembuatan bir antara AS dan Iran satu tahun setelah Presiden Donald Trump menarik diri dari perjanjian nuklir Iran 2015 dan menerapkan kembali sanksi berat pada negara itu. Di bawah kesepakatan, ditandatangani dengan kekuatan internasional di bawah pemerintahan Obama, Iran seharusnya melihat bantuan keuangan dengan imbalan batasan untuk program nuklirnya.

Lebih dari satu juta barel minyak per hari telah dilenyapkan dari pasar karena sanksi Washington berupaya untuk membuat ekspor produsen terbesar ketiga OPEC menjadi nol. Ini telah berkontribusi pada melumpuhkan ekonomi Iran, yang menurut pemerintah AS akan terus berlanjut kecuali Iran "bertindak seperti negara normal" dan tidak lagi mendukung proxy teroris di wilayah tersebut dan pengujian rudal balistik.

Iran telah menanggapi sanksi tersebut dengan mengancam untuk melepaskan kewajibannya berdasarkan kesepakatan nuklir - yang telah menjanjikan bantuan ekonomi dengan imbalan batasan untuk pengembangan nuklirnya - dan kembali ke tingkat pengayaan uranium yang lebih tinggi.

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping http://bit.ly/2KidF56

No comments:

Post a Comment