Pages

Thursday, June 13, 2019

Ketua MK: Kami Tidak Tunduk Intervensi Siapapun

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman selaku Ketua Majelis Hakim dan persidangan resmi membuka sidang perdana gugatan Pilpres 2019. Ia menegaskan dalam proses persidangan ini, pihaknya menegaskan independen dan tidak tunduk pada intervensi.

"Kami tidak tunduk, tidak takut intervnsi kepada siapapun," tegas Usman membuka persidangan di gedung MK, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (14/6/2019).

Ia menambahkan, MK hanya tunduk pada undang-undang yang berdasarkan konstitusi. Meski para hakim berasal dari tiga perwakilan lembaga negara, namun sebagai umat beragama pihaknya hanya takut pada Allah Subhanahuwataala.

"Kami hanya tunduk pada konstitusi dan peraturan perundang-undangan yang sesuai konstitusi, sesuai dengan sumpah kami," ujarnya.

"Kami berada dari tiga lembaga, Presiden, DPR dan Mahkamah Agung. Tetapi sejak kami mengucapkan sumpah, kami independen. Kami merdeka, kami tidak bisa dipengaruhi. Kami hanya takut kepada Allah Subhanahuwataala, Tuhan Yang Maha Esa," tambahnya.

Adapun agenda sidang perdana yaitu mendengarkan tuntutan pemohon yang dalam hal ini adalah pasangan Calon Presiden 02 Prabowo-Sandi. Saat ini tengah berlangsung pembacaan isi tuntutan oleh Ketua Tim Hukum Prabowo-Sandi, Bambang Widjojanto. [rok]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita nya ga lengkap buka link disamping http://bit.ly/2WGbcDk

No comments:

Post a Comment